Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hingga Juni, Ekspor Sulsel Capai US$491,92 Juta

Warta Ekonomi, Makassar -

Nilai ekspor semua komoditas unggulan Sulawesi Selatan sepanjang bulan Januari hingga Juni 2016 ini menunjukkan angka yang cukup positif dengan mencatatkan nilai ekspor sebesar 491,92 juta Dolar Amerika Serikat (AS).

"Kalau melihat neraca perdagangan Sulsel berdasarkan data statistik ini angkanya cukup bagus karena berhasil membukukan sebesar 491,92 juta dolar AS," ujar Kepala BPS Sulsel Nursam Salam, di Makassar, Sabtu (23/7/2016).

Dia mengatakan, besaran nilai ekspor itu didapatkan dari meratanya komoditas yang menjadi unggulan Sulsel dalam melakukan aktivitas ekspor dan impor.

Nilai ekspor itu juga masih didominasi oleh komoditas andalan dari Sulsel seperti nikel dengan negara tujuan terbesar itu Jepang, Amerika Serikat dan Tiongkok.

BPS Sulsel mencatat angka ekspor untuk nikel ini ke Jepang sebesar 51,03 juta dolar Amerika Serikat (AS). Hasil ekspor itu menambah pendapatan daerah.

Data ekspor pada bulan ini juga masih lebih tinggi jika dibandingkan dengan data ekspor bulan pada Mei itu yang hanya mencatat 47,40 juta dolar AS.

BPS mencatat neraca perdagangan di Sulsel pada bulan Juli juga tidak berpengaruh dengan kondisi global karena beberapa komoditas unggulan daerah ini memang dibutuhkan negara-negara tujuan.

"Neraca perdagangan Sulsel sudah mulai menggeliat lagi dan komoditas andalan daerah kita seperti nikel masih diminati oleh negara-negara maju seperti Jepang," katanya.

Jika melihat data-data nilai ekspor secara kumulatif selama enam bulan terakhir ini, terlihat adanya penurunan total ekspor sekitar 39,75 persen.

Adapun negara tujuan ekspor Sulsel yakni Jepang dengan nilai sebesar 51,03 juta dolar atau 50,65 persen dari total nilai ekspor, kemudian disusul Amerika Serikat dengan 12,57 juta dolar AS, dan Malaysia dengan nilai 12,67 juta dolar AS.

Kemudian Tiongkok dengan nilai 8,81 juta dolar AS, Vietnam 2,85 juta dolar AS, Belanda 1,98 juta dolar AS, Korea Selatan dengan 0,77 juta dolar AS, Singapura 1,91 juta dolar AS dan beberapa negara lainnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: