Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pertamina Utamakan Koordinasi Amankan Pasokan Elpiji Bersubsidi

Warta Ekonomi, Medan -

PT Pertamina Marketing Operation Region I selalu mengedepankan koordinasi dengan lintas instansi untuk mengamankan pasokan elpiji ukuran 3 kilogram yang merupakan komoditas bersubsidi.

Area Manager Communication and Relations Pertamina Marketing Operation Region I Fitri Erika di Medan, Sumatera Utara, Minggu, mengatakan Pertamina menyadari bahwa kebutuhan masyarakat terhadap elpiji bersubsidi itu sangat tinggi.

Karena itu, diperlukan stabilitas dalam distribusi energi yang dipergunakan masyarakat sehari-hari tersebut.

Namun dengan luasnya jangkauan area tugas yang meliputi empat provinsi, Pertamina membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk memastikan pendistribusiannya berjalan lancar, termasuk menghindari penyelewengan.

Karena itu, PT Pertamina Marketing Operation Region I selalu mengedepankan koordinasi dengan lintas instansi sehingga pasokannya aman dan lancar.

Dengan koordinasi itu, selama ini pasokan elpiji besubsidi tersebut di Sumatera Bagian Utara selalu aman dan hampir tidak ada gejolak.

"Kami selalu berkoordinasi dengan pemda dan instansi terkait. Apalagi sudah ada aturan penggunaannya yakni rumah tangga dan sektor mikro," katanya.

Menurut Fitri, aturan penggunaan elpiji bersubsidi itu mengacu pada Peraturan Menteri ESDM Nomor 26 tahun 2009 yang menetapkannya untuk konsumen rumah tangga dan usaha mikro.

Selain koordinasi, Pertamina juga secara internal membuat kebijakan untuk membentuk satgas guna memantau pendistribusian komoditas bersubsidi tersebut.

Kemudian, seluruh agen dan pangkalan juga diinstruksikan untuk memenuhi ketersediaan elpiji 3 kg tersebut bagi masyarakat, termasuk penyiapan SPBU dan modern outlet untuk menjual elpiji bersubsidi.

Di tingkat pangkalan, Pertamina juga mengharuskan pengelolanya untuk membuat "logbook" guna mencatat nama warga yang membeli elpiji bersubsidi tersebut.

Logbook tersebut juga berisi tanggal pembelian yang dilakukan masyarakat. Dengan demikian, akan terpantau kemungkinan adanya pembelian yang tidak wajar atau tindakan yang mengarah pada penimbunan elpiji bersubsidi.

Program tersebut semakin diuntungkan dengan kebijakan pemerintah yang mengharuskan adanya penulisan kalimat "Hanya Untuk Masyarakat Miskin" di tabung elpiji bersubsidi itu.

Penulisan kalimat itu diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat sehingga pasokan elpiji bersubdisi selalu stabil di lapangan.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: