Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemkab Kubu Raya Dorong Pengembang Perbanyak Rumah Murah

Warta Ekonomi, Pontianak -

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, akan menggandeng dan mendorong pengembang untuk mempercepat pembangunan perumahan bagi masyarakat kurang mampu.

"Saat ini kita juga sedang menggencarkan pembangunan perumahan bagi masyarakat kurang mampu. Berkenaan dengan itu, kita terus mempersiapkan segala sesuatunya dalam upaya mendorong percepatan pembangunan perumahan tersebut," kata Bupati Kubu Raya Rusman Ali di Sungai Raya, Minggu.

Menurutnya, untuk mendorong hal tersebut salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan pembenahan terhadap pelayanan IMB, dengan memberikan biaya semurah mungkin untuk pembuatan rumah murah tersebut.

"Selain itu, waktu untuk pengurusan perizinan itu juga tentu akan kita percepat, agar kita bisa mendorong percepatan pembangunan perumahan tersebut," tuturnya.

Rusman Ali meyakini pembangunan rumah murah bisa diwujudkan sebab Kubu Raya sangat luas dan masih banyak lahan kosong.

"Di Kkecamatan Sungai Raya, memang rata-rata harga tanahnya tinggi, namun di kecamatan Sungai Ambawang, Sungai Kakap dan Rasau Jaya, itu masih bisa kita lakukan. Tinggal tergantung pada pihak developer agar bisa menjajaki lokasi-lokasi tersebut," katanya.

Pemkab Kubu Raya sendiri, katanya, akan memaksimalkan fasilitas pembangunannya baik dari segi perizinan dan lain sebagainya.

Rusman Ali juga menyarankan para developer pembangunan perumahan yang akan membangun kompleks perumahan di kabupaten itu hendaknya membentuk konsorsium agar bisa bersama membangun perumahan di satu kawasan strategis.

"Kita mengharapkan kepada para developer perumahan ini untuk membentuk konsorsium dan membangun kompleks perumahan dalam satu kawasan. Kalau ada konsorsium tentu rumah yang dibangun tidak hanya ratusan, tetapi bisa sampai seribu rumah," kata Rusman Ali.

Hal itu sudah disampaikan Bupati kepada pengurus REI Kalbar dan pihaknya akan mencarikan lahan strategis untuk pembangunan kompleks perumahan tersebut.

Lokasinya, kata Rusman Ali, bisa saja lahan di jalan zekunder C, karena akses jalannya sudah dibangun oleh Pemkab Kubu Raya.

"Kita harapkan REI Kalbar bisa membangun perumahan mulai dari tipe 36, 45 dan 60 di Kubu Raya sesuai kebutuhan masyarakat. Saya rasa Kubu Raya sangat potensi membangun kompleks perumahan tersebut karena letaknya yang berdekatan dengan Kota Pontianak, ibu kota Kalbar," katanya.

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: