Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengaruh Musim, Nelayan Singkawang Pilih Tidak Melaut

Warta Ekonomi, Pontianak -

Sejumlah nelayan asal Kota Singkawang, Kalimantan Barat, memilih untuk tidak melaut sejak beberapa minggu terakhir karena pengaruh musim angin selatan.

Terhitung lima hari sudah, Along Hen, nelayan yang berada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kuala, tidak melaut. Hal itu dikarenakan, air laut tidak bagus, sehingga ikan banyak yang lari.

"Airnya tenang tetapi kotor, itulah yang menyebabkan ikan tidak ada. Kalau airnya sudah bagus, baru ikannya mau datang," kata pria yang sudah sepuluh tahun menjadi nelayan itu, Minggu.

Menurut Along Hen, tidak bagusnya air dikarenakan musim angin selatan sekarang ini.

"Kalau kami nelayan, nyebutnya musim angin selatan, artinya, angin dari selatan tidak kuat. Dicampur angin dari utara, timur, barat, dan sebagainya," ujarnya.

Dirinya tak bisa memprediksi sampai kapan angin selatan akan berakhir. Sambil menunggu air laut bagus, tak banyak yang bisa ia lakukan, hanya bersantai dengan teman-temannya di kantin yang ada di sekitar TPI.

"Lihatlah beberapa hari ke depan, biasanya kalau mau tanggal 15, airnya bagus. Kalau air sudah bagus, berarti ada ikan," tuturnya.

Along Hen membantah bukan karena cuaca ekstrim hingga membuat dirinya dan beberapa teman nelayan lainnya tidak melaut.

"Bukan karena cuaca, tapi memang ikannya tidak ada," katanya.

Meski cuaca kurang bagus saat ini, katanya, Insya Allah masih bisa diatasi. Tapi kalau ikannya yang tidak ada, bagaimana mau dipaksakan.

"Modal pergi saja sudah dua jutaan rupiah khusus yang motor kecil. Tapi kalau pulang tidak ada hasil tangkapan, lebih baik jangan dulu melaut," katanya.

 

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: