Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Survey SMRC; Jokowi Kalahkan Mega, Maruara Angkat Bicara

Warta Ekonomi, Jakarta -

Hasil Survei Saiful Mujani Reasearh and Consulting (SMRC) menyebutkan bahwa elektabilitas Presiden Joko Widodo pada Juni 2016 sebesar 32,4 persen, jauh lebih tinggi dibanding Prabowo Subianto, pesaingnya pada pemilihan Presiden 2014, yang hanya 9,4 persen.

Survei dengan pertanyaan "Bila Pemilihan Presiden dilakukan sekarang" tersebut menyebutkan peringkat berikutnya adalah  Susilo Bambang Yudhoyono (2,6 persen) dan Hary Tanoesudibyo (1,9 persen), sebut hasil survei itu, Minggu. Selanjutnya adalah Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok (1,4 persen), Tri Rismaharini ( 0,6 persen), Megawati Soekarnoputri (0,5 persen), Ridwan Kamil (0,4 persen), Surya Paloh (0,3)Maemun Zubair (0,3 persen), dan lainnya (1,9 persen).

Survei juga menyebutkan, tingkat kepuasan rakyat Indonesia kepada Presiden Joko Widodo dua tahun setelah pemilihan Presiden pada Juli 2014 lalu mencapai 67 persen. Sementara itu, hanya 30 persen warga yang mengatakan tidak puas atau kurang puas. Sisanya menjawab tidak tahu atau tidak jawab.

Mengenai rendahnya tingkat elektabilitas Megawati, bahkan di bawah Hary Tanoe, yang dikhawatirkan akan dapat mempengaruhi perolehan suara PDIP pada pemilu, politisi PDI Perjuangan Maruarar Sirait mengatakan bawha posisi Megawati tidak lagi mengejar elektabilitas. 

Megawati, katanya, dalam posisi terus mengawal ideologi partai, serta lebih mengawal dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Kata Maruarar, Megawati juga terus melakukan regenaresi kepemimpinan di tubuh partai dan itu berhasil.

"Lihat saja survei tadi dari banyak tokoh yang masuk di level semuanya kader PDI Perjuangan," katanya.

Muarar memberi contoh kader PDIP yang menonjol seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Mendagari Tjahjo Kumolo, dan  Sekretaris Kabinet  Pramono Anung.

Hal itu, katanya, menjukkan kaderisasi dan regenerasi partai di bawah kepemimpinan Megawati sangat berhasil. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: