Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Masyarakat Batam Disarankan Garap Peluang Wirausaha

Warta Ekonomi, Jakarta -

Masyarakat Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, disarankan untuk menggarap peluang berwirausaha mengingat potensi posisi geografisnya sangat strategis sebagai kota transit yang dekat dengan Singapura.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Koperasi dan UKM Prakoso BS di Jakarta, Minggu (24/7/2016), mengatakan, Batam memiliki potensi yang besar untuk bisa menjadi "kantong" wirausaha.

"Oleh karena itu kami mendorong dan memfasilitasi agar lebih banyak wirausaha baru terlahir di Batam dan sekitarnya," kata Prakoso.

Menurut dia, dengan kondisi Kepri secara umum yang memiliki sumber daya yang melimpah ditambah kondisi geografis berdekatan dengan negara Singapura dan Malaysia, maka peluang untuk berwirausaha dan mengembangkan usaha hingga menembus pasar luar negeri sangat terbuka. Ia mengatakan, sekarang masanya generasi muda untuk memulai usaha untuk menghadapi "ASEAN Economic Community" sudah mulai berlaku.

Pihaknya menggelar pelatihan gerakan kewirausahaan nasional bagi organisasi masyarakat yang dilaksanakan di kota Batam pada 22-24 Juli 2016.

"Kegiatan ini melibatkan sebanyak 40 orang peserta dari kelompok masyarakat se-kota Batam," katanya.

Acara tersebut juga menghadirkan Walikota Batam Provinsi Kepulauan Riau sebagai bentuk dukungan pengembangan SDM di wilayahnya. "Kami berharap melalui kegiatan ini, masyarakat di Kota Batam mampu melihat dan mengembangkan peluang usaha," katanya.

Lalu ke depan, pihaknya berharap calon-calon wirausaha tersebut bersatu membentuk koperasi agar lebih kuat secara kelembagaan dan pemasaran. Selain Batam, pihaknya mengembangkan pelatihan serupa di provinsi-provinsi lain. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: