Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Danau Toba Harus Jadi Destinasi Wisata Bertaraf Internasional

Warta Ekonomi, Medan -

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan mengimbau tujuh kabupaten pemilik Danau Toba serius mendukung program pemerintah dalam pengembangan Danau Toba sebagai destinasi wisata bertaraf internasional.

Keseriusan pemerintah mengembangkan Danau Toba ditandai dengan menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung di antaranya Jalan Tol Medan menuju Tebing Tinggi hingga ke Parapat. Selain itu, pemerintah dalam waktu dekat akan mengembangkan Bandara Sibisa di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) sebagai penunjang akses masuknya wisatawan dari berbagai negara.

"Untuk menampung wisatawan dari luar negeri, pemerintah juga akan membangun kawasan hunian, resort, gedung konferensi bertaraf internasional di atas lahan seluas 500 hektar. Lokasinya nanti tidak jauh dari Bandara Sibisa," katanya di Medan, Minggu (24/7/2016).

Target kunjungan wisawatan mancanegara secara nasional tahun 2017 sebanyak 10 juta orang, terbesar dari Tiongkok. Kemudian Amerika dan sejumlah negara Eropa.

"Di masa mendatang pemerintah mengedepankan sektor pariwisata akan menyumbang income terbesar, tidak lagi dari sektor industri. Untuk itu, saya berharap pemerintah kabupaten dan seluruh masyarakat mendukung program ini," ujarnya.

Secara tegas, Luhut juga mendesak masyarakat di sekitar Danau Toba untuk membiasakan diri mengedepankan pelayanan sebagai masyarakat sadar wisata.

"Saya masih mendengar ada wisatawan mancanegara yang dipalak dengan dikenakan ongkos yang tidak sesuai tarif. Ini tidak boleh terjadi lagi. Mari kita kedepankan pelayanan dan kenyamanan," ajak Luhut.

Sementara Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi mengharapkan agar tingkat kunjungan wisatawan mancanegara ke Sumut yang tidak lebih dari 250 ribu orang pada tahun 2015 dapat mengalami peningkatan mencapai satu juta orang tiap tahunnya.

"Untuk itu, kita berharap tujuh kabupaten pemilik Danau Toba terus meningkatkan sinergi dengan pemerintah provinsi dalam upaya mengembangkan kawasan wisata Danau Toba," pungkasnya.

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: