Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkominfo Sebut Dana Repatriasi Jadi Peluang Pembiayaan Proyek Telekomunikasi

Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan dana-dana repatriasi dari kebijakan amnesti pajak menjadi peluang dalam mengembangkan pembangunan di sektor telekomunikasi terutama untuk pembiayaan bagi proyek Palapa Ring baik paket Barat, Tengah maupun Timur.

Menurut Menkominfo di Jakarta, Senin, Palapa Ring merupakan salah satu proyek yang memiliki resiko yang sangat terkendali karena berskema kerjasama pemerintah-swasta dengan penjaminan pembiayaan oleh pemerintah. Selain itu, Palapa Ring menjadi program kewajiban pelayanan universal (universal service obligation) yang memiliki dasar hukum Undang-Undang.

"Maka tadi saya katakan secara resiko, resiko politiknya apa, di kita itukan, namanya kewajiban pelayanan universal (KPU), USO itu ada diundang-undangkan, bahkan PP-nya ngatur dan sebagainya," katanya.

Untuk itu, seharusnya Palapa Ring dapat dilirik untuk dibiayai oleh dana-dana hasil repatriasi dari amnesti pajak.

Ia menambahkan,dirinya mendorong agar sektor telekomunikasi dibaiayai oleh sektor swasta dan bukan lagi dibiayai oleh pemerintah. Hal ini mengingat secara regulasi mengarahkan ke hal tersebut. Namun demikian, ia menyadari, bahwa hal itu sulit karena Indonesia merupakan negara kepulauan dengan 13 ribu pulau lebih.

Sehingga banyak pelosok-pelosok yang secara ekonomis mungkin tidak menguntungkan. Oleh karena itulah, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan skema kerjasama pemerintah-swasta. Skema tersebut memastikan proyek tersebut memiliki resiko yang terkendali karena adanya penjaminan dari pemerintah.

Proyek dengan skema KPS tersebut kini tengah dilaksanakan dalam pembangunan Palapa Ring, baik Paket Barat, Paket Tengah maupun Paket Timur.

Proyek Palapa Ring Barat senilai Rp1,28 triliun yang tendernya di menangkan oleh konsorsium Moratel dan Triasmitra (PT Palapa Ring Barat) telah mendapatkan kucuran kredit dari Bank Mandiri sebesar Rp875 miliar.

Sedangkan untuk Paket Tengah dengan nilai proyek Rp1,38 triliun yang dimenangkan Konsorsium Pandawa Lima (PT LEN sebagai ketua) telah menunjuk PT IIF menjadi lead arranger untuk mencari sindikasi pembiayaan. Sementara untuk Paket Timur telah diumumkan beberapa waktu lalu dengan pemenang Konsorsium Moratelindo-IBS-Smart Telecom. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: