Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ahok Targetkan Pembangunan ITF Dilakukan Pada 2016

Warta Ekonomi, Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menargetkan pembangunan tempat pengolahan sampah terpadu atau "Intermediate Treatment Facilities" (ITF) dapat dilakukan pada tahun 2016.

"Tahun ini, kami menargetkan sudah bisa mulai membangun ITF sendiri. Jadi, groundbreaking (peletakan batu pertama) ITF kalau bisa sudah dilakukan tahun ini juga," kata Basuki di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (26/7/2016).

Pria yang lebih akrab disapa Ahok sehari-hari itu pun mengaku telah meminta kepada Dinas Kebersihan DKI Jakarta agar segera merumuskan rencana penunjukan langsung pengelolaan ITF tersebut.

"Pembangunan ITF tersebut bertujuan sebagai langkah untuk menangani permasalahan sampah di Jakarta. Makanya, saya sudah minta Dinas Kebersihan supaya merumuskan pengelolaannya," ujar Ahok.

Mantan Bupati Belitung Timur itu menuturkan ada dua Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang akan ditunjuk untuk membangun ITF, yaitu PT Jakarta Propertindo (Jakpro) dan PT Pembangunan Jaya.

"PT Jakpro dan PT Pembangunan Jaya kami tunjuk untuk melakukan pembangunan ITF. Akan tetapi, belum diputuskan ITF mana dulu yang terlebih dahulu akan dibangun, yang pasti lokasinya ada di Sunter, Marunda dan Duri Kosambi," tutur Ahok.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan payung hukum untuk penunjukan langsung itu adalah Perpres Nomor 4 Tahun 2015 tentang Perubahan Keempat Atas Perpres Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

"Kalau semuanya sudah dirumuskan, maka bisa secepatnya dilakukan penunjukan langsung. Setelah itu, semua pihak langsung bisa bekerja. Memang sudah saatnya Jakarta memiliki tempat pengolahan sampah sendiri," ungkap Ahok. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: