Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Laba Bersih Danamon Meningkat 38% di Semester I-2016

Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) berhasil membukukan laba bersih setelah pajak sebesar Rp1,7 triliun pada semester pertama 2016. Angka ini tumbuh 38% dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp1,3 triliun.

"Inisiatif-inisiatif yang kami implementasi tahun lalu mulai menunjukkan hasil. Hal ini tercermin dalam pertumbuhan laba bersih. Hasil ini merupakan bukti nyata dari upaya Danamon dalam membangun pondasi kuat untuk pertumbuhan lebih lanjut, sejalan dengan komitmen kami untuk meneruskan kualitas layanan yang baik kepada nasabah pada ulang tahunnya yang ke-60," kata Chief Financial Officer dan Direktur Danamon Vera Eve Lim saat paparan kinerja Danamon Semester I-2016 di Jakarta, Selasa (26/7/2016).

Menurutnya, kenaikan laba tersebut mencerminkan peningkatan efisiensi. Laba operasional sebelum pencadangan (PPOP) tumbuh 15% menjadi Rp 4,6 triliun di semester pertama tahun 2016 dibandingkan setahun sebelumnya. Rasio biaya terhadap pendapatan (cost to income ratio) di semester pertama tahun 2016 tercatat sebesar 48,5% dibandingkan 54,7% di semester pertama tahun 2015.

"Biaya operasional di semester pertama tahun 2016 turun 7% dibandingkan satu tahun sebelumnya menjadi Rp4,3 triliun," tandasnya.

Adapun pada semester pertama 2016, giro dan tabungan atau CASA turun 19% menjadi Rp44,7 triliun dari Rp 55,1 triliun di semester pertama tahun sebelumnya mengikuti inisiatif pelepasan sejumlah akun CASA berbiaya tinggi, sedangkan deposito turun 7% menjadi Rp61,4 triliun.

Sementaran fee income Danamon tumbuh sebesar 11% pada semester pertama tahun 2016 dibandingkan setahun sebelumnya menjadi Rp2,1 triliun.

"Pertumbuhan fee income ini didukung oleh kontribusi fee income Adira Insurance yang tumbuh 2% menjadi Rp 431 miliar, cash management yang tumbuh 10% menjadi Rp163 miliar, serta bancassurance yang tumbuh 15% menjadi Rp136 miliar," sebut Vera.

Untuk menopang pertumbuhan yang berkelanjutan, saat ini Danamon tengah memperkuat aksesibilitas layanan dan variasi produk.

"Jaringan sales and distribution kami mulai terbentuk dan nasabah sudah mulai merasakan manfaat dari layanan terintegrasi yang memenuhi kebutuhan keuangan mereka," tambah Vera.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: