Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Melatih Kemampuan Pitching Mahasiswa di Ajang BLIDz

Oleh: ,

Warta Ekonomi, Jakarta -

Business Launch and Investor Days (BLIDz) 2016 yang merupakan sebuah program kegiatan dari Universitas Prasetiya Mulya di bawah Entrepreneurship Development Center (EDC) hadir dengan membawa suatu visi yang meyakini sebuah bisnis akan semakin besar dengan adanya mitra-mitra yang berkompeten dan menunjang keberhasilan bisnis tersebut.

Pada tahun ini BLIDz kembali menyelenggarakan acara pitching dan networking yang menjembatani start-up business mahasiswa Universitas Prasetiya Mulya dengan para investor. Bertempat di Ballroom Kuningan City Mall, Jakarta Selatan, Sabtu (23/7/2016), rangkaian acara BLIDz dimulai dengan press conference, kemudian dilanjutkan dengan tiga rangkaian acara lainnya yaitu business pitching, showcase, dan networking time.

Pembukaan acara Blidz 2016 selain dihadiri oleh para investor juga dihadiri oleh Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Meliadi Sembiring, Staf Ahli Menteri Bidang Penguatan Struktur Industri Kementerian Perindustrian Ngakan Timur Antara, Rektor Universitas Prasetiya Mulya Prof. Djisman Simandjuntak, serta Dekan Sekolah Bisnis dan Ekonomi Universitas Prasetiya Mulya Prof. Agus W Soehadi.

Agus W Soehadi mengatakan pihaknya menyambut baik acara Blidz 2016 yang tahun ini memasuki tahun keduanya untuk pihak eksternal. Ia mengungkapkan acara Blidz sejalan dengan visi Prasetiya Mulya untuk mencetak entrepreuner yang andal dan sukses di pasar global.

"Mengundang pengusaha, memberikan kasus-kasus bisnis, menggiring mahasiswa untuk membuat rencana bisnis dan memberikan living project kepada mahasiswa merupakan salah satu intervensi Universitas Prasetiya Mulya untuk mengubah cara pandang mahasiswa untuk menjadi entrepreneur yang kompeten," katanya dalam rilis yang diterima di Jakarta, Rabu (27/7/2016).

Agus mengatakan terdapat 35 business project mahasiswa tingkat akhir Prasetiya Mulya yang sudah terlebih dahulu melewati proses seleksi. Tahap seleksi dilanjutkan lagi untuk menyaring ke-35 business project menjadi 15 business project terbaik yang memiliki kesempatan untuk melakukan pitching.

Di acara ini hadir 68 investor dalam proses pitching sebagai bentuk dukungan mereka akan perkembangan UMKM di Indonesia mengingat UMKM di Indonesia masih di bawah dua persen dan masih kalah bersaing bila dibandingkan dengan negara-negara Asia lainnya. Keberhasilan dari BLIDz 2016 tidak hanya terlihat dari antuasiasme dari para stakeholder-nya, yaitu investor dan business project, melainkan juga dari dukungan berbagai media partner serta sponsor.

Dari hasil pitching, 13 dari 15 start-up business mahasiswa setidaknya mendapatkan beberapa investor yang tertarik untuk bekerja sama, investor tersebut di antaranya adalah perwakilan dari BMW, Permata Bank, FENOX, APINDO, dan Broadway Group Jakarta.

Sebagai penutup rangkaian acara, pada Minggu (24/7/2016), diselenggarakan Awarding Night sebagai bentuk apresiasi terhadap seluruh ide dan usaha bisnis yang sudah dilakukan oleh tiga angkatan mahasiswa (angkatan 2015, 2014, dan 2012) Prasetiya Mulya atas hasil karya mereka dari mata kuliah Analytical Creative Thinking (ACT), Business Development, dan Business Project.

Awarding Night merupakan kolaborasi dua acara yang digagas Universitas Prasetiya Mulya, yaitu BLIDz dan Creatifest 2016. Creatifest 2016 merupakan acara pameran hasil karya bisnis mahasiswa semester awal sampai tingkat akhir yang juga diadakan di Kuningan City Mall, 22-24 Juli 2016. Pemenang dari Analytical Creative Thinking (ACT) dan Business Development dilakukan dengan penjurian yang terpisah.

Daftar pemenang dari tim ACT

Kategori Social Food dimenangkan oleh Timmy;

Kategori Social Goods oleh Go Blue;

Kategori Village Development oleh Kampung Cacing;

Kategori Social Movement oleh Reksa Lele;

Kategori Social Digital Platform dimenangkan oleh Jajan Nesia.

Daftar pemenang dari tim Business Development

Kategori Technology Based Product dimenangkan oleh Chef’s Pizza;

Kategori Creative Products and Services 1 oleh DEX;

Kategori Creative Products and Services 2 oleh Lakas;

Kategori Personal Accessories and Beauty Products oleh Maith;

Kategori Apparel & Footwear oleh RAE;

Kategori Food & Beverage oleh Oat Me;

Kategori Best Chief Human Resource (CHR) oleh Flinders (Kartika Putri);

Kategori Best Chief Marketing Officer (CMO) oleh Oat Me (Augie Aditya);

Kategori Best Chief Financial Officer (CFO) oleh Maith (Devin Cakrawardaya);

Kategori Best Chief Operating Officer (COO) oleh Chef’s Pizza (Thio Alvin F);

Kategori Best Employee oleh Chef’s Pizza (Gwenny Nathania);

Kategori Best Chief Executive Officer (CEO) oleh RAE (Wilson Quiterio).

Untuk Business Project, penilaian didasarkan kepada hasil pitching yang dilakukan di hadapan para investor. Dari hasil penilaian oleh investor, salah satu business project terbaik, yaitu Copycino kerap mendapatkan dua penghargaan dari kategori Most Innovative dan juga Outstanding Performance. Copycino sendiri merupakan Business project yang menawarkan jasa print, scan, dan photocopy gratis yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan mahasiswa.

Masih berdasarkan kepada penilaian investor, kategori Most Prospective dimenangkan oleh Paktorie yang masuk dalam bidang B2B Business. Paktorie menawarkan layanan untuk mendesain dan memproduksi berbagai macam produk kemasan yang menyasar pada brand lokal, UKM, dan juga start-up business di Indonesia.

Terdapat pula kategori Best Pitching yang dimenangkan oleh Rambo, yaitu business project produk sabun 4 in 1 yang memiliki 4 fungsi, yaitu sebagai sabun, shampoo, facialwash, dan conditioner pada 1 kemasan. Menawarkan value yang praktis, Rambo menarik hati para Investor dengan kemampuan pitchingnya. Kategori terakhir adalah Alumni Choice yang dimenangkan oleh Gritology yang merupakan restoran pertama yang menghadirkan nasi kebuli bakar cita rasa khas Ternate.

BLIDz 2016 mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung keberlangsungan acara ini. Dukungan dari Universitas Prasetiya Mulya, Entrepreneurship Development Center (EDC), para Investor, pihak Media Partner, dan Sponsor yang membantu menyukseskan acara ini. Sampai berjumpa di acara BLIDz 2017!

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: