Saat beberapa kenalan bertanya-tanya kenapa zaman sekarang lebih sulit mencari pembantu rumah tangga, dan makin jarang yang betah, saya bilang jawabannya ada tiga, yaitu YouTube, Facebook, dan Car Free Day.
Era di mana strata sosial menentukan needs, interests, dan consumer behavior telah berlalu. Saat percakapan dan pertukaran informasi terjadi lintas dinding rumah dan bahkan lintas negara maka sudah tidak ada lagi yang bisa menahan keinginan Upik Abu untuk menjadi Cinderella. People learns dan panggung interaksinya sekarang ada di mana-mana.
Jika kita mengeluh kenapa si kecil sekarang menjadi terlalu cepat dewasa, mungkin kita seharusnya berterima kasih pada Telkom yang "mem-blokir" Netflix. Jangan protes dulu, Telkom juga mengusung mengusung iFlix yang diplot menyaingi Netflix (we are working on it as their marketing consultants).
Jadi, pemilik perusahaan (atau pemilik rumah tangga) sebaiknya beradaptasi. Bukan cuma dalam strategi pemasaran, tapi juga dalam hal bagaimana kita berinteraksi dengan people who are working for and with us. By the way, kalau tadi saya bilang trigger-nya ada tiga (YouTube, Facebook, Car Fee Day), sekarang sudah ada yang keempat: Pokemon Go.
Penulis: Alex Mulya, CEO Axia World Indonesia, Marketing Research & Consultancy
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Cahyo Prayogo
Tag Terkait:
Advertisement