Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK akan Bangun Pasar Modal Sebagai Sumber Pendanaan Jangka Panjang

Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad menyatakan pasar modal Indonesia memiliki peranan penting dalam pengembangan infrastuktur. Pasalnya, pemerintah butuh dana yang besar dalam membangun infrastruktur di negeri ini.

"Di tengah keterbatasan keuangan negara saat ini dalam membangun infrastruktur maka peran aktif investor swasta dalam bangun peran infrastruktur menjadi sangat penting. Pasar modal itu bisa menjadi sumber pendanaan," katanya di Jakarta, Kamis (28/7/2016).

Lebih lanjut, Muliaman menyebutkan bahwa saat ini memang pembiayaan masih lebih banyak diperoleh dari perbankan. Namun, pembiayaan perbankan sesungguhnya masih sulit untuk menggempur pengembangan infrastruktur.

"‎Keperluan pembangunan memerlukan dana jangka panjang, sehingga bergantung pada bank yang satu-satunya menjadi kurang feasible," jelas Muliaman.

Meski pasar modal memiliki banyak dana, Muliaman menekankan, tingkat kestabilan Indonesia sangat rentan, karena investor pasar modal lebih banyak datang dari asing.

"Tergantung dari gerak investor asing. ‎Tantangan bagaimana memiliki basis investor lokal yang banyak agar kemudian volatiliy pasar modal tidak semata-mata bergantung investor asing," urai Muliaman.

Untuk itu, pihaknya akan bekerja keras dalam membangun pasar modal yang basisnya dimiliki investor lokal. Agar pasar modal stabil dan bisa menjadi sumber biaya sektor infrastruktur.

"Bangun investor lokal merupakan upaya dan satu keharusan untuk pasar modal Indonesia. Tugas kami sosialisasi agar bangun investor lokal itu," tandasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: