Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BPJS Bogor Fasilitasi Pemeriksaan Kanker Rahim

Warta Ekonomi, Bogor -

BPJS Kesehatan Cabang Bogor, Jawa Barat bekerjasama dengan Dinas Kesehatan setempat menyelenggaraan deteksi dini pemeriksaan kanker servik atau leher rahim kepada 12.000 kaum perempuan.

"Ini merupakan program responsif, preventif deteksi dini kanker leher rahim dengan melakukan pemeriksaan IVA dan 'Papsmear' kepada para perempuan yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Bogor Mahat Kusumadi di Bogor, Sabtu (30/7/2016).

IVA adalah inspeksi visual dengan asam asetat, sedangkan Papsmear adalah Pap smear adalah suatu pemeriksaan kesehatan wanita dengan mengambil sedikit lendir leher rahim melalui proses tertentu serta pemeriksaan dibawah mikroskop akan diperiksa perubahan sel-sel permukaan leher rahim.

Ia mengatakan, sasaran program ini ditujukan untuk IVA sebanyak 12.000 perempuan dan 300 papsmear. Kegiatan pemeriksaan dilangsungkan di seluruh Puskesmas di wilayah Kota Bogor, sedangkan wilayah Kabupaten Bogor dilaksanakan di Laboratorium Sito dan Kimia Farma.

"Program ini merupakan bakti sosial BPJS Kesehatan yang secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia dimulai sejak Jumat (29/7) kemarin," katanya.

Menurutnya, program tersebut ditujukan untuk menurunkan angka kanker leher rahim yang 34,4 persen menjadi penyebab kematian perempuan di Indonesia. Yang menjadi persoalan, minimnya kesadaran kaum perempuan memeriksakan sejak dini agar tidak memasuki stadium lanjut.

"Kebanyakan masyarakat kita datang ke rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya dalam kondisi sudah stadiun lanjut, sehingga peluang kesembuhan menjadi kecil," katanya.

Melalui program ini, lanjut Mamat, BPJS Kesehatan mendorong agar masyarakat memeriksakan dirinya sejak dini, agar resiko kematian dari kanker tersebut dapat diminimalisir. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: