Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini yang Bakal Disajikan Para Pabrikan di GIIAS 2016

Warta Ekonomi, Jakarta -

Ajang otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 bakal segera digelar di ICE BSD City, Serpong, Tangerang, pada 11-21 Agustus 2016.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) sebagai penyelenggara meyakinkan bahwa GIIAS, yang diikuti tak kurang 361 pemamer dengan 31 di antaranya adalah agen tunggal pemegang merek (ATPM) atau agen pemegang merek (APM), bukan sekadar menjadi ajang jualan para pabrikan tetapi juga wahana untuk memamerkan berbagai produk dan teknologi teranyar di dunia otomotif.

Oleh karena itu, para ATPM dan APM peserta GIIAS 2016 berlomba-lomba mendatangkan produk dan teknologi termutakhir untuk dipamerkan di anjungan masing-masing.

Berikut adalah bocoran beberapa produk ataupun teknologi otomotif teranyar yang bakal dipamerkan di GIIAS 2016.

Dua mobil bertenaga sel bahan bakar

GIIAS 2016 mengusung tema Teknologi Hijau untuk Masa Depan yang Lebih Baik dan hal itu didukung oleh dua pabrikan yang siap memamerkan mobil ramah lingkungan berteknologi unggul.

Sekurang-kurangnya dua jenis mobil ramah lingkungan bertenaga sel bahan bakar (fuel cell) hidrogen bakal dipamerkan di anjungan Honda dan Lexus.

Agen tunggal pemegang merek Honda di Indonesia, PT Honda Prospect Motor (HPM), bakal memboyong Clarity Fuel Cell di anjungan mereka yang menempati Hall 10A dengan luasan 2.635 meter persegi.

"Di GIIAS kami akan memperkenalkan Clarity Fuel Cell, yakni sebuah mobil yang tidak mengeluarkan emisi karbondioksida sama sekali dan hanya membuang air," kata Staf Hubungan Masyarakat HPM Yulian Karfili dalam konferensi pers pamungkas jelang GIIAS di Jakarta, Kamis (28/7).

Mobil berteknologi serupa juga bakal dipamerkan oleh Lexus Indonesia, yang bakal membawa sebuah model mobil bertenaga sel bahan bakar. Meski demikian Manajer Lexus Indonesia, Dede Damanik, belum menyebutkan secara spesifik model apa yang akan dibawa.

Boleh jadi Lexus akan memboyong model LF-FC, model yang melakukan debut di ajang Tokyo Motor Show 2015 lalu di Jepang dan kembali dipamerkan di North America International Auto Show 2016 di Detroit, Amerika Serikat, Januari kemarin.

Jajaran pabrikan Jepang

Sementara Honda memamerkan teknologi mobil bertenaga sel bahan bakar, duet PT Toyota Astra Motor dan PT Astra Daihatsu Motor, hampir dipastikan bakal memperkenalkan mobil murah ramah lingkungan (LCGC) berkapasitas tujuh penumpang terbaru mereka yakni Toyota Calya dan Daihatsu Sigra di GIIAS 2016.

Daihatsu menempati Hall 8A seluas 1.890 meter persegi, sementara Toyota berada di Hall 10 dengan anjungan seluas 3.000 meter persegi. Anjungan Toyota merupakan yang terbesar di GIIAS 2016, dan seturut pengakuan pihak TAM menjadi yang terbesar selama mereka mengikuti pameran otomotif.

Distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, juga bakal menghadirkan model yang bakal melakukan debut pertama kali di dunia atau world premiere, yakni mobil konsep low MPV terbaru mereka yang rencananya bakal mulai diproduksi di pabrik baru di Cikarang mulai April 2017 mendatang. Mitsubishi lebih suka menyebut mobil konsep tersebut sebagai small crossover MPV, dan belum mengumumkan nama resminya.

Mitsubishi yang bakal menempati Hall 8B dengan luasan anjungan 2.079 meter persegi mengadopsi desain anjungan yang diterapkan di keikutsertaan mereka di pameran otomotif kelas dunia lainnya, dengan menempatkan sebuah turunan untuk memperlihatkan karakter offroad sebagaimana terlihat di TMS 2015 lalu.

Peluncuran model terbaru juga akan dilakukan oleh ATPM Suzuki di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales, yang bakal memperkenalkan satu mobil terbaru di segmen medium SUV, berupa crossover SUV medium. Mobil tersebut menjadi satu dari 19 unit yang bakal dipamerkan Suzuki anjungan mereka.

Sementara itu Mazda yang bakal menempati Hall 7B seluas 1.053 meter persegi bakal memajang 13 unit beserta satu unit mesin Skyactiv Gasoline 1.5 dan transmisi Skyactiv Drive 6-Speed AT.

Dua merek Korea

Duet perwakilan pabrikan Korea di Indonesia, PT Hyundai Mobil Indonesia dan PT Kia Mobil Indonesia, juga aktif mengeluarkan model-model terbaru mereka di GIIAS 2016.

Hyundai, yang menempati Hall 7C, bakal memperkenalkan sebuah mobil terbaru untuk pasar Indonesia di segmen city car. Di antara 10 unit yang dipamerkan di GIIAS 2016, selain terdapat unit city car teranyar, Hyundai juga bakal memboyong dua mobil edisi terbatas.

Sementara itu di Hall 7D Kia bakal memperkenalkan model pembaruan terhadap SUV mereka, Sportage, serta high MPV Grand Sedona.

Mobil Eropa-Amerika

Sejumlah merek Eropa dan Amerika Serikat juga hadir di GIIAS 2016. Mereka juga turut memperkenalkan produk-produk terbaru di ajang otomotif akbar tersebut.

Agen pemegang merek Audi, PT Garuda Mataram Motor, bakal memperkenalkan Audi TTS 2.0 Turbo FSI Quattro di Hall 5B.

Kemudian merek Jerman lainnya, PT Mercedes-Benz Indonesia, bakal memberi sorotan kepada lini produk mereka yakni The All New E-Class, The All New C-Class Coupe, Mercedes-AMG C 63, Mercedes-AMG SLC 43 dan Mercedes-Maybach S 600 di anjungan mereka di Hall 5A seluas 1.092 m2.

Sementara itu Garansindo sebagai APM Fiat Chrysler Automobiles (FCA) bakal memajang merek Jeep dan Dodge di Hall 5E. 

Lini mobil niaga

GIIAS 2016 tak hanya menjadi ajang perkenalan mobil baru di segmen kendaraan penumpang semata, lini kendaraan niaga juga turut unjuk tampil memperlihatkan beberapa teknologi terbaru mereka.

APM merek mobil niaga milik BUMN Tiongkok, FAW, PT Gaya Makmur Mobil, bakal meluncurkan HD310CG - 8x4 di Hall 3G sebagai salah satu dari enam unit yang ditampilkan di anjungannya.

Peluncuran juga akan dilakukan oleh Mitsubishi Fuso yang menempati Hall 3A, yang bakal memperkenalkan truk FE SHDX 6.6.

Kemudian Tata Motors Distrubusi Indonesia, bakal memperkenalkan kendaraan niaga ringan kabin ganda Tata Xenon XT DCab 4x4 pada anjungan mereka yang menempati lahan seluas 1.127 meter persegi.

Hyundai yang tahun ini membuka dua anjungan dan salah satunya di area kendaraan niaga, akan memperkenalkan dua kendaran niaga baru mereka di Hall 2E.

Sementara itu PT Isuzu Astra Indonesia yang menempati Hall 3A Booth 3B bakal memamerkan delapan unit display, dengan empat di antaranya termasuk kendaraan niaga ringan (LCV) berupa SUV dan kabin ganda. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: