Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

UKM Binaan Pertamina Unjuk Kebolehan di Ajang Green Fair 2016

Oleh: ,

Warta Ekonomi, Jakarta -

Memasuki hari kedua Pertamina Days Green Fair 2016, berbagai aktivitas kembali dihadirkan untuk terus memperkenalkan bisnis, teknologi, dan pengembangan energi Pertamina kepada masyarakat Indonesia, khususnya warga Jakarta.

Junior Officer Corporate Social Rersponsibility (CSR) PT Pertamina (Persero) area Jawa Bagian Barat Aditya Nugrahadi mengatakan bahwa selain menjadi ajang untuk mengenalkan dan mendekatkan perusahaan serta berinteraksi langsung dengan masyarakat, kegiatan Pertamina Days Green Fair 2016 juga menjadi wadah yang baik bagi usaha kecil dan menengah (UKM) binaan Pertamina untuk bertemu langsung dengan calon pembeli.

"Tiga mitra binaan Pertamina MOR III Jawa Bagian Barat diberi kesempatan untuk memamerkan serta menjual karya mereka di sebuah stand yang telah disiapkan. Salah satunya adalah produk Share Bag yang menjual tas lipat ramah lingkungan," katanya dalam rilis pers yang diterima di Jakarta, Minggu (31/7/2016).

Aditya Nugrahadi mengatakan pihaknya mengharapkan Pertamina Days menjadi bagian dari upaya menyebarkan informasi tentang proses bisnis Pertamina yang disampaikan dengan cara menyenangkan. Lebih dari itu, imbuhnya, stand CSR yang dihadirkan juga bertujuan untuk menunjukkan komitmen berkelanjutan Pertamina dalam memberdayakan masyarakat di sekitar daerah operasional Pertamina.

"Sejalan dengan tema acara ini yakni Green Fair, kami hadirkan mitra binaan kami sehingga masyarakat dapat melihat karya yang dihasilkan mereka. Melalui acara ini, Pertamina ingin mendekatkan diri pada masyarakat dan mengajak masyarakat untuk memahami Pertamina seluas-luasnya. Melalui acara Pertamina Days, kami berharap dapat memupuk rasa memiliki, percaya, dan bangga terhadap Pertamina berikut produk-produknya," ujarnya

Adapun, pengusaha Share Bag, Muhammad Zain Imtiyaz, mengakui kegiatan Pertamina Days: Green Fair 2016 merupakan ajang yang baik bagi para pengrajin tas untuk berinteraksi dengan masyarakat.

"Visi kami adalah untuk menciptakan kemandirian masyarakat Pandeglang. Usaha Share Bag merupakan sebuah wadah tempat warga belajar, berkreasi, serta berinteraksi untuk mencapai kemadirian tersebut. Melalui Pertamina Days ini, kami libatkan secara langsung para pengrajin tas untuk hadir dan bertemu langsung dengan calon pembeli," sebutnya.

Zain menyampaikan bahwa dalam waktu dua tahun Share Bag telah berhasil meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar dari yang sebelumnya adalah Rp10.000/hari/kepala keluarga menjadi Rp35.000/hari/kepala keluarga.

"Kami saat ini telah memproduksi lebih dari 4.000 tas dengan omzet Rp40.000.000. Kami juga sangat senang melihat warga binaan kami yang telah mulai mengajak teman-temannya untuk bergabung bersama Share Bag. Hal ini yang akan menciptakan kemandirian ekonomi masyarakat ke depannya," paparnya.

Adapun, Pertamina Days: Green Fair 2016 di Jakarta berlangsung selama tiga hari pada Jumat hingga Minggu, 29-31 Juli 2016 di Kota Kasablanka dan terbuka untuk umum.

Pertamina Days semakin seru dengan berbagai lomba dan tantangan untuk pengunjung anak-anak selama kegiatan berlangsung, di antaranya lomba mewarnai, tantangan 4R (reduce, reuse, recycle, recreate), susun brick, dan percobaan science sederhana yang melibatkan para pelatih generasi muda dan pramuka.

Selain itu, terdapat beberapa kegiatan workshop, seperti workshop desain grafis yang bisa diikuti murid-murid SMK dan mahasiswa, dan workshop membuat makanan sehat untuk balita.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: