Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Delegasi 18 Negera Lakukan Kunjungan Budaya ke Omah Kecebong

Oleh: ,

Warta Ekonomi, Jakarta -

Sebanyak 36 juara Lomba Pidato Berbahasa Indonesia bagi Penutur Asing 2016 dari 18 negara yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan dan Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri mengunjungi Omah Kecebong, ikon rumah budaya dan wisata hortikultura di Sleman untuk mengenal alam dan budaya setempat serta menikmati makan malam perpisahan (farewel dinner) pada hari Sabtu (20/8/2016), di sela kunjungan wisata budaya ke Yogyakarta dan sejumlah daerah lainnya di Indonesia sebagai hadiah istimewa dari pemerintah Republik Indonesia.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid menyampaikan lomba pidato Bahasa Indonesia yang diselenggarakan di 18 negara akreditasi Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI dan Rumah Budaya Indonesia yaitu Amerika Serikat, Australia, Arab Saudi, Belanda, Filipina, India, Jepang, Jerman, Malaysia, Mesir, Myanmar, Papua Nugini, Perancis, Republik Rakyat Tiongkok, Singapura, Thailand, Timor Leste dan Turki ini dihelat dalam rangka memperluas penggunaan Bahasa Indonesia di kalangan internasional.

"Ini adalah upaya khusus kita dalam merayakan kebanggaan dalam berbahasa Indonesia," katanya dalam rilis pers yang diterima di Jakarta, Senin (22/8/2016).

Lebih jauh, Hilmar mengatakan lomba yang diselenggarakan di bulan Juni hingga Juli tersebut telah menghasilkan masing-masing dua orang pemenang dari 18 negara yang berhasil meraih hadiah berupa paket perjalanan ke Indonesia. Mereka berpartisipasi dalam acara Apresiasi Pemenang Lomba Pidato Bahasa Indonesia pada tanggal 15-21 Agustus 2016 di Jakarta dan Yogyakarta.

Sementara itu, Penggagas Omah Kecebong Hasan Setyo Prayogo menyampaikan rasa terima kasih dan penuh syukur kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa Omah Kecebong dapat turut serta dalam kegiatan apresiasi ini.

Khususnya karena selama berada di Indonesia, tiga puluh enam peserta tersebut diajak untuk belajar budaya Indonesia melalui berbagai aktivitas seperti kunjungan ke sejumlah museum, situs warisan dunia UNESCO, workshop budaya, serta menyaksikan berbagai pertunjukan seni. Selain itu, mereka berkesempatan untuk turut menghadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 di Istana Negara pada tanggal 17 Agustus 2016.

Pada hari terakhir, para peserta berkunjung ke Candi Borobudur, Museum Merapi, dan Tour Lava serta Omah Kecebong, Yogyakarta ini untuk menikmati keindahan alam pedesaan dan kebun hortikultura sekaligus mengikuti jamuan makan malam perpisahan.

"Seluruh peserta kami ajak menjelajah alam Sendari yang begitu asri sambil naik di atas gerobak sapi. Kami yakin itu akan menjadi pengalaman unik yang tak terlupakan," kata Hasan.

Lebih jauh, Hasan Setyo Prayogo menyampaikan Omah kecebong sangat senang menyambut kehadiran tamu-tamu istimewa dari 18 negara ini.

"Kami selalu terbuka dan mendukung berbagai kegiatan pendidikan, pelestarian seni dan budaya, pariwisata, serta penghijauan. Lawatan spesial ini memang begitu sesuai dengan tujuan digagasnya tempat ini, yaitu menjadi tempat yang dapat bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan, untuk kegiatan seni dan budaya serta sebagai alternatif tempat tujuan wisata di Yogyakarta," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel:

Berita Terkait