Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenkominfo Targetkan 8 Juta UMKM 'Go Online'

Warta Ekonomi, Jakarta -

Direktur E-Bisnis Kementerian Komunikasi dan Informatika Azhar Hasyim mengatakan pihaknya menargetkan 8 juta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) "go online" guna menyosong ekonomi digital.

"UMKM Go Online didorong sehingga (pasar) tidak hanya diserbu luar negeri," katanya dalam sambutan seminar yang digelar IndonesiaX di Jakarta, Senin (22/8/2016).

Ia mengatakan, Indonesia siap menyongsong era digital ekonomi. Visi Indonesia menjadi yang terbesar di kawasan Asia Tenggara.

Untuk itu, pengembangan ekonomi digital UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia dengan menyumbang 58 persen PDB menjadi sangat penting.

Guna mendukung program 8 juta UKM go online tersebut, menurut dia, pemerintah melakukan sejumlah upaya. Selain mendorong kerja sama antara UMKM dengan sejumlah pemain e-commerce, pemerintah juga menyediakan satu juta domain gratis. Untuk 2016 ditargetkan 350 ribu domain.

Ia mengatakan, pada 2020, perdagangan via internet (e-commerce) ditargetkan dapat mencapai 130 miliar dolar AS. Peningkatan e-commerce tersebut akan turut meningkatkan perekonomian Indonesia.

Sementara itu, untuk mendukung digital ekonomi, ia mengatakan, Kementerian Komunikasi dan Informatika juga telah melakukan sejumlah upaya diantaranya program sejuta petani dan nelayan go online, menciptakan 1.000 teknopreneur hingga 2019 nanti dan mengembangkan desa broadband terpadu (DBT).

Selain itu, dari sisi infrastruktur, kementerian juga telah meluncurkan pembangunan proyek palapa ring yang akan menjadikan seluruh kabupaten kota pada 2019 terkoneksi broadband internet. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: