Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Batam Ingin Serap Industri Berteknologi Tinggi

Warta Ekonomi, Jakarta -

Kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan Batam ingin menyerap industri berteknologi tinggi untuk meningkatkan nilai tambah.

"Kita ingin membuat Batam memiliki nilai tambah yang tinggi. Oleh karena itu inginnya kita memasukan industri yang high tech," kata Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Batam Hatanto Reksodipoetro usai bertemu Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Jakarta, Senin (22/8/2016).

Menurut Hatanto, industri dengan nilai tambah tinggi akan memberikan pendapatan yang lebih besar kepada negara.

Ia menyampaikan, adapun beberapa industri yang dimaksud antara lain, industri perawatan dan perbaikan pesawat atau Maintainance Repair and Overhaul (MRO), galangan kapal, animasi dan Teknologi Informasi (IT).

"Industri tersebut yang akan kita arahkan," tukasnya.

BP Batam tengah memperbaiki sistem perizinan agar lebih cepat dan akuntabel dalam menerapkan kemudahan izin langsung konstruksi.

Selain itu, lanjut Hatanto, BP Batam juga menerapkan sistem pengalokasian dan memperbaiki lahan tidur.

"Kita melakukan upaya untuk secepatnya bisa otomatisasi pelayanan perizinan. Jadi yang selama ini masih manual dalam izin kepengusahaan akan dimasukkan sebagai online," ungkap Hatanto.

Sementara itu, pengalokasian lahan juga diupayakan menggunakan sistem online, namun hal tersebut masih membutuhkan waktu.

"Kalau izin-izin usaha lebih mudah untuk online, tapi membuat sistem online untuk pengalokasian lahan itu jauh lebih rumit," ujar Hatanto. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: