Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Singapura Tawarkan Bantuan Pemadaman Karhutla di Indonesia

Warta Ekonomi, Jakarta -

Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya mengatakan Pemerintah Singapura sudah menawarkan bantuan untuk pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Indonesia.

"Pemerintah Singapura sudah menawarkan bantuan untuk membantu pemadaman karhutla. Mereka menawarkan pesawat dan helikopter untuk pemadaman itu," ujar Dubes Swajaya usai berkunjung ke ruang pemantauan Sinarmas Forestry di Jakarta, Rabu (24/8/2016).

Pemerintah Indonesia belum mengiyakan bantuan tersebut karena karhutla pada tahun ini lebih ringan dibanding tahun sebelumnya.

"Titik panas pada tahun ini jauh lebih sedikit dibandingkan tahun lalu. Disamping pemantauan yang dilakukan terus-menerus juga kemarau basah yang menguntungkan kita," tambah dia.

Musim kemarau ditambah La Nina membuat curah hujan cukup tinggi meskipun pada musim kering.

Hal itu membuat titik api jauh berkurang jika dibandingkan tahun sebelumnya.

"Langkah konkritnya, kita bersama-sama pemerintah, swasta dan masyarakat bahu-membahu memadamkan api yang terjadi di hutan dan lahan." Dia menyatakan komitmen pemerintah sangat kuat untuk mengantisipasi terjadinya karhutla.

Hingga saat ini, asap akibat karhutla belum sampai ke Singapura.

Kebakaran hutan dan lahan terjadi di sejumlah wilayah. Di Riau, terdeteksi 35 titik panas yang tersebar di enam kabupaten/kota yakni Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Siak, Inhu, Pelalawan, Bengkalis, dan Kota Dumai.

Jumlah titik panas di Sumatera mencapai 43 titik yang tersebar di Riau Sumatera Barat, Lampung, Sumatera Utara, Bangka Belitung, dan Jambi. (Ant)

Baca Juga: Anggaran Pilkada Serentak di Bali Capai Rp 456,9 Miliar Lebih

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: