Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tingkatkan Ekspor, Kemendag Kembali Gelar Trade Expo

Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Perdagangan (Kemendag)  kembali menggelar  pameran dagang terbesar di Indonesia. Ribuan produk unggulan Indonesia  akan digelar dalam ajang Trade Expo Indonesia (TEI) 2016 pada 12-16 Oktober 2016 mendatang di JIExpo Kemayoran, Jakarta .

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN)  Kementrian Perdagangan Arlinda mengatakan berbagai potensi kreativitas produk Indonesia yang bernilai tambah dan memiliki daya saing dalam berkompetisi di pasar global akan ditampilkan. Hal ini sejalan dengan upaya Kemendag dalam menerapkan strategi diversifikasi produk ekspor.

“Dengan produk yang semakin terdiversifikasi, diharapkan pasar tujuan ekspor Indonesia pun secara paralel akan semakin terdiversifikasi,” Kata Arlinda pada konferensi pers peluncuran TEI 2016 di Jakarta ,kemarin.

Untuk tahun ini, TEI mengusung tema "Indonesia: Source of Natural & Creative Products" dengan menampilkan 1.100 perusahaan dan UMKM.  1.100 peserta ini akan menampilkan berbagai produk khas Indonesia untuk ditampilkan di pasar global. Kementerian Perdagangan juga menargetkan menarik 14.700 pembeli yang datang ke dalam gelaran TEI ke-31.

Dengan digelarnya TEI 2016, diharapkan nilai ekspor Indonesia dapat meningkat dengan datangnya 14.700 pembeli dari dalam dan luar negeri.

"Kami akan melakukan exhibition di 50.000 meter persegi. Target 14.700 buyer dari dalam dan luar negeri. Mereka pameran targetkan 1.100 booth," tambahnya.

Ribuan produk yang dihadirkan dalam gelaran TEI 2016 ini terdiri dari beberapa jenis, antara lain produk manufaktur, peralatan rumah tangga, makanan dan minuman, kerajinan tangan, industri kreatif, hingga perusahaan jasa dan investasi. Dengan demikian diharapkan kemitraan dagang Indonesia dengan negara-negara di dunia dapat bertambah.

"Kita men-display produk-produk tersebut dibagi dalam 6 zona. Pertama produk manufaktur, kedua furniture and home decoration, ketiga foodbeveragesfishery and agricultural products, keempat premium craft, ke lima creative industry, dan keenam service dan investasi," kata Arlinda.

Dirinya menambahkan bahwa sudah ada beberapa pembeli dari luar negeri yang berminat membeli produk Indonesia di TEI 2016. Produk yang diminati adalah furnitureseafood, dan makanan serta minuman. Negara yang sudah menunjukkan ketertarikannya antara lain Amerika Serikat, Nigeria, dan Australia.

"Sudah confirm pembelian buyer Amerika furniture sama seafood. Dari Nigeria dan Australia terkait makanan dan minuman," tambah Arlinda.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: