Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Infrastruktur Kota Medan Harus Jadi Prioritas

Warta Ekonomi, Medan -

Wali Kota Medan Drs HT Dzulmi Eldin S Msi mencanangkan rehabilitasi infrastuktur tahun 2017 dengan fokus menggunakan APBD tahun ini. Hal itu sampaikan Wali Kota Medan melalui Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Medan, Drs. Zulkarnain Nasution, Msi.

Hal itu dilakukan guna menjawab salah satu keresahan masyarakat tentang pengelolaan infrastuktur di Kota Medan, khususnya sarana dan prasarana jalan. Seperti masih ada jalan rusak, berlubang, dan butuh perbaikan.

"Keluhan masyarakat Kota Medan tentang buruknya insfrastruktur jalan, sebenarnya sudah diantisipasi oleh Pemko Medan. Untuk memperbaiki semua sarana dan prasarana jalan-jalan di Kota Medan, Pemko Medan sudah menyiapkan pagu anggaran sebesar Rp600 miliar lebih dan khusus perbaikan jalan sebesar Rp90 miliar. Anggaran itu diperuntukkan perbaikan jalan dan perbaikan drainese dan anggarannya sudah ada di Dinas Bina Marga Kota Medan," ujar Zulkarnain di Medan, Kamis (25/8/2016).

Tak cuma sudah ada anggarannya, bahkan sekarang ini, proses tender perbaikan jalan dan drainase itu sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

"Sudah ada pemenang tender proyeknya dan sudah mulai dikerjakan. Lihatlah di lapangan, beberapa ruas jalan yang rusak sudah mulai diperbaiki. Jalan-jalan yang berlubang sudah ditempel. Bahkan, beberapa jalan protokol sudah mulai dikerjakan pembuatan drainasenya. Ini semua bukti bahwa Pemko Medan serius dan terus membenahi semua infrastruktur yang ada, demi mewujudkan kenyamanan masyarakat Medan," katanya.

Pemko Medan sangat berharap kepada semua pihak dan lapisan masyarakat khususnya media untuk membantu Pemko Medan menyosialisasikan semua prgram kerja Pemko kepada masyarakat sehingga masyarakat Kota Medan meengetahui informasi bahwa program-program pemko khususnya infrastruktur terus dikerjakan.

"Prosesnya kan tak seperti membalikkan telapak tangan, butuh proses yang panjang, dan penilain keberhasilan atau kegagalan program kerja itu, bukan setahun tapi selama program itu berjalan (masa program) yakni tahun pertahun akan terlihat peningkatan dan hasinya," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Zulkarnain, adanya kritikan dari beragam elemen masyarakat tentang lambannya pembangunan infarstuktur di Kota Medan ini, ini sebenarnya bukan lamban, tapi terus berporses dan dikerjakan.

Yang jelas, lanjutnya, masih ada tiga bulan lagi kedepan yakni September-November 2016, bagi Pemko Medan untuk menyempurnakan pembangunan infrastruktur jalan dan drainase. "Pemko Medan telah menargetkan pada APBD 2017 untuk rehabilitasi infrastruktur," ujarnya.

Realisasi belanja tahun anggaran 2015 tercatat mencapai Rp4,28 triliun, terdiri dari belanja operasi Rp3,45 triliun, belanja modal Rp916 miliar lebih dan belanja tak terduga Rp278 juta lebih.

"Dari realisasi belanja operasional yang digelontorkan Pemprovsu melalalui pemerintah pusat, ditambah lagi PAD dan bagi hasil, sudah 65 persen terlaksana dengan baik," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: