Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Dorong Perbankan dan Startup Kolaborasi Kembangkan Fintech

Warta Ekonomi, Jakarta -

Financial technology (fintech) secara masif mulai dimanfaatkan lembaga jasa keuangan, bahkan perusahaan startup juga turut meramaikan penggunaan fintech. Melihat hal itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berharap lembaga jasa keuangan dan perusahaan startup dapat berkolaborasi dalam mengembangkan fintech di Indonesia.

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan OJK Mulya E Siregar mengatakan bahwa di sektor jasa keuangan maka semua lembaga jasa keuangan berlomba-lomba memanfaatkan teknologi untuk menyediakan layanan kepada nasabah.

"Di saat yang sama banyak perusahaan startup yang secara inovatif menawarkan produk dan jasa keuangan, baik itu sekedar menawarkan produk existing LJK, maupun jasa keuangan yang bukan produk financing," ujar dia dalam diskusi Kompetisi dan Kolaborasi Perbankan dan Fintech di Era Digital yang digelar di Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Menyikapi hal itu, OJK telah membentuk satuan tugas penngembangan inovasi digital ekonomi dan keuangan. Tim tersebut dibagi dalam dua subteam, yaitu subteam Fintech 2.0 dan Fintech 3.0-3.5.

"Fintech 2.0 adalah layanan keuangan berbasis teknologi digital yang diselenggarakan oleh existing LJK, tentunya meliputi perbankan, pasar modal, dan industri keuangan nonbank, sedangkan fintech 3.0-3.5 adalah layanan JK yang diselenggarakan oleh non-LJK yang biasanya dilaksanakan oleh para perusahaan startup," papar Mulya.

Kendati demikian, Mulya meminta agar perusahaan startup dan industri keuangan dapat bersaing secara sehat dalam mengembangkan fintech. Bahkan, kata dia, kalau perlu melakukan kolaborasi.

"Apapun yang kita lakukan tujuannya untuk kepentingan masyarakat. Jadi, kalau bertanya ini kompetisi atau kolaborasi antara fintech dengan perbankan? Tentunya kita berharap kalaupun kompetisi harus yang sehat, tapi kita lebih cenderung berkolaborasi saling simbiosis mutualisme," tuturnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: