Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KKP Ingin Penebaran Benih Tidak Hanya Pemerintah

Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menginginkan penebaran benih perikanan tidak hanya dilakukan oleh pemerintah tetapi segenap pemangku kepentingan untuk menyebarkan benih ikan lokal di berbagai daerah.

"Penebaran di suatu perairan umum, bukan hanya tugas pemerintah, tetapi harus dijadikan contoh dan ditiru oleh masyarakat," kata Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Menurut dia, hal tersebut sehingga ke depannya, masyarakat mampu melakukan penebaran dengan kesadaran sendiri dan menjadi suatu kebutuhan. Apabila di dukung dengan kearifan lokal, akan mampu meningkatkan perekonomian secara berkelanjutan.

Sebagai contoh, lanjutnya, kelompok masyarakat menggunakan pendapatannya dari hasil penjualan tangkapan ikan, untuk sebagian dibelikan benih ikan untuk ditebar kembali ke perairan.

"Penebaran ikan ke perairan umum ini sesuai dengan arahan Menteri Kelautan dan Perikanan, Ibu Susi Pudjiastuti, untuk memperkaya ikan di sumber daya perairan yang ada, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitarnya, untuk meningkatkan pendapatan, mendukung ketahanan pangan dan juga meningkatkan nutrisi masyarakat," kata Dirjen.

Sebelumnya, Slamet Soebjakto dalam sejumlah kesempatan menyatakan program bantuan 100 juta ekor benih ikan kepada masyarakat pembudi daya ditargetkan rampung pada bulan November 2016.

Menurut dia, realisasi bantuan benih ikan tersebut juga dilakukan secara merata alokasinya antara di Jawa dan luar Jawa.

Ia mengemukakan program 100 juta benih itu juga bakal membuat posisi Balai Benih Ikan (BBI) menjadi semakin penting.

Hal tersebut, lanjutnya, karena unit pelaksana teknis (UPT) baik yang di bawah naungan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah juga semakin diandalkan untuk pengadaan benih dan induk.

Berdasarkan data KKP, target produksi perikanan budi daya pada tahun 2016 ini tercatat 19,5 juta ton, sedangkan pada 2017 ditargetkan mencapai 22 juta ton sehingga penyebaran benih kepada masyarakat juga penting untuk mewujudkannya.

Slamet menuturkan program bantuan benih dan induk ikan bagi para pembudidaya merupakan instruksi langsung Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.  (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: