Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Indonesia 10 Besar Tujuan Investor Tiongkok

Warta Ekonomi, Jakarta -

Laporan riset dari Property Guru Group menyatakan bahwa Indonesia masuk dalam daftar 10 besar negara tujuan investor Tiongkok untuk membeli properti di luar negeri dengan tujuan pendidikan, emigrasi, investasi dan gaya hidup.

"Para investor properti di Tiongkok tidak dapat membeli properti secara bebas karena peraturan pemerintahnya sehingga mereka memilih negara-negara yang menawarkan keuntungan menarik," demikian Manajer Perwakilan Rumah.com (anak perusahaan) Wasudewan melalui keterangan tertulis  di Jakarta, Kamis (25/8/2016).

Wasudewan mengemukakan bahwa Indonesia menempati peringkat ke delapan negara yang dianggap investor Tiongkok memiliki ketertarikan bidang properti dan sejajar dengan Australia, Jepang serta Kanada.

Berdasarkan perilaku para investor Tiongkok di situs properti juwai.com, riset mengungkapkan bahwa Singapura menjadi pilihan utama dan mengalahkan Amerika Serikat (AS), Hongkong dan Taiwan. 

Investor lebih menyukai tipe properti perumahan (97%) daripada komersial (3%), dengan ukuran dua kamar tidur (41%). Kebanyakan dari mereka didorong oleh fasilitas pendidikan yang menarik di Singapura.

Wasudewan menjelaskan ada empat motivasi utama investor properti Tiongkok tertarik menanamkan modalnya di luar negeri, yakni pendidikan.

Jumlah pelajar asal Tiongkok di luar negeri terus bertambah dengan komposisi 31 persen pelajar asing di Amerika Serikat atau sekitar 304.000 pada 2014/2015.

Alasan kedua adalah emigrasi. Beberapa negara menawarkan kewarganegaraan melalui investasi dalam properti. Berbeda dengan program imigrasi biasa, investor berhak melakukan perjalanan dan tinggal di negara tujuan tanpa harus menetap dan tetap membayar pajak. 

Kemudian, dikemukakannya, alasan ketiga adalah investasi yang dianggap lebih menguntungkan daripada di Tiongkok sendiri karena harga properti yang relatif mahal. Terakhir, alasan keempat adalah gaya hidup dan pesiar.

"Di Tiongkok, tidak semua masyarakat dapat membeli properti di area tertentu, misalnya investor asal kota Shuzou tidak bisa membeli properti di kita besar, seperti Shanghai atau Beijing, karena ia tidak terdaftar sebagai penduduk kedua kota," catatnya.

Oleh karena itu, ia menambahkan bahwa warga Suzhou lebih memilih berinvestasi di kota-kota besar lain, seperti Singapura atau Sydney yang menawarkan nilai investasi lebih menarik. (ANT)

Baca Juga: Pria Buleleng Diringkus usai Curi Tabung Gas-Barang Elektronik

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: