Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga Cabai Alami Pelonjakan di Medan

Warta Ekonomi, Medan -

Harga cabai merah bertahan tangguh di harga Rp40.000 per kg di Medan. Kondisi ini sudah berlangsung sejak 17 Agustus lalu. Mahalnya, bumbu dapur ini disebabkan stok cabai yang kosong.

Seperti pengakuan sejumlah pedagang di Pasar Tradisional Sikambing Medan. Cabai ini dipasarkan berkisar di harga Rp36.000 hingga Rp40.000 per kg, tergantung kualitasnya.

Lisa Simarmata misalnya, menuturkan jika harga cabai merah ini sudah sepekan terakhir melambung. "Sejak 17 Agustus lalu, harganya sudah Rp40.000 sekilo," kata pedagang sayuran di Pasar Sikambing ini, Jumat (26/8/2016).

Tidak adanya stok cabai merah yang cukup membuat harga semakin sulit dijangkau. "Sekarang ini sedang tidak ada barang," kata Simarmata yang biasa menyuplai cabai merah dari Berastagi itu.

Hal senada diungkapkan pedagang lainnya, Iwan yang mengaku harga cabai merah kembali melambung. "Hari ini cabai merah naik lagi, kita jual Rp36.000 per kilo," ujarnya yang mengaku tidak tahu penyebab kembali melonjaknya harga cabai merah ini.

Selain cabai merah yang bertahan di harga Rp40.000 per kg, cabai rawit juga masih mahal. "Cabai rawit juga masih mahal, sebelum 17 Agustus, harganya masih 28.000 per kg, begitu juga dengan cabai rawit. Tapi hari ini, harganya sama," ujarnya.

Lisa Simarmata menambahkan peningkatan harga bumbu dapur baik cabai merah maupun rawit membuat masyarakat mengurangi kuantitas belanjanya. "Kalau mahal seperti ini, masyarakat yang belanja sepi. Kalau beli juga tidak banyak," ujarnya.

Jika biasanya, masyarakat belanja cabai merah setengah kilo dikurangi menjadi seperempat kilo saja. "Permintaan sunyi, orang lebih mengutamakan kebutuhan anak sekolah. Orang jadi belinya sedikit-sedikit," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: