Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga Ayam Potong di Medan Melonjak Naik

Warta Ekonomi, Medan -

Harga ayam potong hingga saat ini masih bertahan mahal. Sudah tiga bulan terakhir, ayam potong ini dipasarkan di atas harga Rp30.000 per kilogram. Sampai hari ini harga ayam potong dipasarkan antara Rp31.000 hingga Rp32.000 per kg.

Sepekan lalu ayam potong ini sempat menyentuh Rp36.000 per kg. Mahalnya harga ini membuat omzet para pedagang ayam potong merosot. Oleh karenanya, diharapkan harga ayam tersebut bisa normal di Rp23.000 hingga Rp25.000 per kg.

Ai, pedagang ayam potong di Pasar Sikambing mengakui harga ayam potong ini sedikit mengalami penurunan Rp1.000 per kg.

"Sudah ada penurunan sedikit, tiga hari terakhir ini. Tapi, justru harga turun, pembeli juga sepi," katanya di Medan, Jumat (26/8/2016).

Menurutnya, sepinya pembeli ini karena daya beli masyarakat yang lemah. Ia mengatakan kondisi ini sama saja di awal bulan ataupun akhir bulan. Kondisi ini membuat omzetnya merosot hingga 50% hingga 60%. Hal senada diungkapkan Rizal, pedagang ayam potong lainnya. Dia mengaku bertahannya harga ayam potong di atas Rp30.000 per kg membuat daya beli masyarakat semakin melemah.

Dia pun berharap harga ayam potong ini bisa segera stabil di harga Rp23.000 hingga Rp25.000 per kg sehingga semua kalangan masyarakat bisa menikmati ayam.

"Kalau harga ayam di atas Rp30.000 per kg, itu yang bisa membelinya ekonomi menengah ke atas, tapi kalau Rp23.000 semuanya bisa," ujarnya.

Hal tidak berbeda dengan Romi seorang pedagang yang juga memasarkan ayam potong ini di harga Rp31.000 hingga Rp32.000 per kg.

"Memang ada penurunan sedikit, 15% hingga 20%," ujanya.

Baginya, mahalnya harga ayam potong ini membuat pelanggannya mengeluh karena umumnya mereka untuk belanja untuk kebutuhan jualan.

"Kalau kita biasa saja," ujarnya.

Noerdin pedagang ayam penyet di kawasan M Yamin menyebutkan kenaikan harga ini membuat biaya produksi meningkat 30 hingga 40%.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: