Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Dorong LJK Lakukan Sosialisasi Amnesti Pajak

Warta Ekonomi, Semarang -

Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional III Jawa Tengah-DIY mendorong lembaga jasa keuangan untuk melakukan sosialisasi amnesti pajak dengan Kantor Pajak.

"Terkait amnesti pajak, sejauh ini kami belum memonitor berapa besar uang tebusan yang sudah masuk ke Jawa Tengah tetapi dari sisi lembaga jasa keuangan sudah melakukan upaya," kata Kepala OJK Kanreg III Jateng-DIY Panca Hadi Suryatno di Semarang, Jumat (26/8/2016).

Menurut dia, beberapa perbankan khususnya BUMN sudah melakukan "customer gathering" kaitannya dengan sosialisasi amnesti pajak.

"Dalam waktu dekat BPD Jateng juga akan melakukan langkah yang sama. Pada dasarnya kami mendorong LJK, kalau memang mampu silahkan bisa mengundang nasabahnya untuk menjelaskan amnesti pajak," katanya.

Dengan bekerja sama Kantor Pajak, sosialisasi akan lebih efektif di antaranya untuk menjelaskan mekanisme amnesti pajak dan apa manfaat yang dapat diperoleh masyarakat.

"Jika manfaatnya ada kenapa tidak dimanfaatkan," katanya.

Pihaknya juga mengapresiasi langkah Presiden Joko Widodo yang juga melakukan sosialisasi amnesti pajak secara langsung.

"Dari sosialisasi yang sudah dilakukan di Semarang beberapa waktu lalu, antusiasme yang hadir sudah luar biasa. Di kota-kota lain juga selalu banyak yang hadir. Mudah-mudahan ada dampak," katanya.

Sementara itu, pihaknya juga mendorong LJK untuk mempersiapkan piranti guna menerima dana tebusan maupun repatriasi.

"Kalau ada dana dari luar negeri yang mau ditempatkan di dalam negeri kita harus siap, apakah mau masuk ke perbankan ataukah ke pasar modal atau mungkin ke industri keuangan nonbank," katanya.

Selain itu, apakah peserta amnesti pajak mau membeli obligasi, saham, atau mungkin investasi langsung ke perusahaan.

"Kami dari OJK mendorong ke sana. Secara umum sejauh ini LJK sudah siap," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: