Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

SBY Angkat Bicara Terkait Pembangunan Ekonomi di Indonesia

Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden keenam Indonesia, Susilo Yudhoyono, menyatakan, "Saya katakan ini penting tidak boleh hanya retorika, tapi harus diterjemahkan dalam kebijakan dan tindakan di seluruh Indonesia."

Dia menyoroti pembangunan ekonomi di Indonesia dalam orasi ilmiahnya pada acara Wisuda XV Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), di Auditorium Manggala Wanabakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Sabtu.

Ia menambahkan Indonesia akan rugi kalau hanya menguras sumber daya daratan saja tanpa dibarengi dengan pemeliharaan yang baik sehingga ekonomi Indonesia akan semakin membaik.

"Semua dayagunakan dengan baik, tapi dengan pemeliharaan yang baik. Sehingga makin bagus ekonomi kita, tapi adil dan tidak merusak lingkungan. Itulah inti blue atau green economy. Negara lain sudah mulai, kita jangan sampai tertinggal," katanya.

Ia juga menekankan kepada masyarakat Indonesia untuk tidak meninggalkan nilai-nilai agama dan budaya seiring dengan pembangunan ekonomi, terlebih lagi saat ini masyarakat tengah mengalami degradasi moral.

"Dua hal besar itu yang menurut saya diperlukan bangsa kita, konsep dan model ekonomi yang tepat, tidak boleh terlalu kapitalistik, tidak boleh berorientasi pada pasar, tetapi mendayagunakan yang kita miliki dengan baik, seimbang, tetap menjaga keadilan dan kelestarian lingkungan," katanya.

Selain itu, kata SBY, dunia Islam tengah mengalami ujian besar. Beberapa negara Islam tengah dilanda konflik yang berkepanjangan. Indonesia sebagai negara Islam yang demokratis diharapkan mampu menularkan virus-virus perdamaian di negara-negara sahabat.

"Terakhir, dunia Islam sedang mengalami ujian di banyak tempat, di Timur Tengah, Afrika Utara, saya harap Indonesia tampil sebagai Islam yang menjadi model bahwa kita bisa kok toleran satu sama lain dan menaburkan kedamaian serta kemajuan," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Annisa Nurfitri

Advertisement

Bagikan Artikel: