Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jamaah Haji Diminta Manfaatkan Layanan Pengaduan

Warta Ekonomi, Makkah -

Jamaah haji diminta menyampaikan masukan atau pengaduan tentang layanan penyelenggaraan ibadah haji melalui "call center" dan "whatsapp/sms center" Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sehingga setiap permasalahan di lapangan dapat segera diatasi.

Hal itu disampaikan Ketua PPIH Ahmad Dumyati Basori saat dihubungi dari Mekkah, Minggu, terkait layanan pengaduan 24 jam PPIH melalui call center di nomor 9200 1 3210, serta Whatsapp/SMS Center di nomor 0503 5000 17.

"Ini merupakan bagan dari mata rantai upaya kita untuk mendekatkan jamaah kepada para petugas dan untuk mengumpulkan pengaduan. Kita ada sms center, wa center dan call center," katanya.

Dumyati berharap keberadaan call center serta Whatsapp/SMS Center bisa segera diketahui jamaah haji dan keluarganya serta dimanfaatkan oleh mereka sebagai sarana menyampaikan aduan, saran dan masukan.

"Harapan kita akan jauh lebih banyak (pengaduan atau masukan) setelah kita siapkan call center. Kita telah siapkan tenaga untuk mendata. Tapi kenyataannya masih sedikit pengaduan yang masuk. Apakah karena tidak ada persoalan yang dihadapi jamaah atau karena jemaah tidak memahami nomor ini," ujarnya.

Ia berencana untuk menggalakkan sosialisasi keberadaan layanan saluran pengaduan masalah haji ini, baik melalui banner, leaflet, dan lainnya.

Sosialisasi juga akan dilakukan secara langsung kepada masing-masing ketua kloter, ketua rombongan, dan ketua regu agar secara berkesinambungan ikut mensosialisasikan kepada jamaah.

"Sehingga ketika jamaah menghadapi persoalan, mereka bisa segera mengadukannya melalui media yang kita miliki," katanya.

Dumyati juga memastikan bahwa setiap aduan yang masuk akan segera ditindaklanjuti oleh tim media center yang telah ditunjuk di Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah.

Jika ada aduan yang tidak bisa diselesaikan, tambah dia, tim media center akan mengirimnya kepada Ketua PPIH untuk diteruskan kepada masing-masing penanggung jawab yang relevan dengan masalah dalam aduan.

Sementara itu data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) mencatat bahwa memasuki hari ke-20 pemberangkatan jamaah haji ke Arab Saudi, 83.011 jamaah haji Indonesia sudah memadati Kota Mekkah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: