Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Polisi Tetapkan Tiga Tersangka Kasus Meranti Berdarah

Warta Ekonomi, Riau -

Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Brigadir Jenderal Supriyanto mengatakan penyidik telah menetapkan tiga anggota polisi dari Kepolisian Resor (Polres) Meranti menjadi tersangka dalam perkara bentrok berdarah yang membawa korban jiwa di Kota Selatpanjang.

"Ada beberapa yang dilakukan pemeriksaan. Sampai hari ini tiga ditetapkan sebagai tersangka," katanya dalam keterangan kepada pers di Pekanbaru, Minggu.

Meski begitu, ia belum bersedia membuka identitas ketiga polisi yang ditetapkan sebagai tersangka karena penyidik masih terus mendalami keterangan mereka. Ia hanya menegaskan bahwa anggota yang terbukti bersalah pasti akan ditindak tegas, termasuk sanksi yang diterapkan apakah sanksi administrasi, sidang komisi kode etik polri (KKEP) hingga pidana. Hal itu untuk mengungkap kasus tersebut secara terbuka dan menciptakan keadilan.

"Untuk detailnya nanti dari Propam, termasuk arah sanksi yang akan diterapkan," ujarnya. 

Sebelumnya, sebanyak 15 anggota Polres Meranti diperiksa Bidang Profesi dan Pengamanan (Bidpropam) Polda Riau terkait meninggalnya Apri Adi Pratama (24), tersangka pembunuh Brigadir Adil Tambunan. Adil Tambunan tewas dengan sejumlah luka senjata tajam pada beberapa bagian tubuhnya. Apri membunuh Adil Tambunan, anggota Polres Meranti, karena asmara. Namun, Apri Adi Pratama yang merupakan pegawai honorer Dinas Pendapatan Daerah Meranti itu tewas sesaat berhasil diamankan petugas. 

Pasca tewasnya Apri Adi Pratama, ribuan warga melakukan unjuk rasa di Markas Polres Selatpanjang. Mereka menuntut Kapolres AKBP Asep Iskandar menjelaskan penyebab kematian Adi. Aksi massa semakin memanas ketika jumlah warga mencapai 2.000 orang.

Warga dan polisi terlibat lempar-lemparan batu hingga menyebabkan seorang pengunjuk rasa bernama Isrusli meninggal dunia. Terkait peristiwa itu, Kasatreskrim Polres Meranti AKP Aditya Warman dan 14 jajarannya diperiksa Bidang Profesi dan Pengamanan Kepolisian Daerah Riau.

"Sebanyak 15 orang personel Polres Meranti saat ini masih diperiksa di Mapolda Riau. Termasuk Kasat Reskrimnya," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo. 

Guntur mengatakan, ke-15 orang tersebut diperiksa untuk dua perkara berbeda, yakni terkait tewasnya tersangka pembunuh polisi Birgadir Adil S. Tambunan dan Apri Adi Pratama, kemudian terkait tewasnya Isrusli. (Ant)

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: