Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kementan Tegaskan Pemerintah Serius Wujudkan Swasembada Pangan

Warta Ekonomi, Cilacap -

Program ketahanan pangan yang digulirkan Presiden Joko Widodo harus dilaksanakan secara optimal oleh semua pihak, kata Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Gatot Irianto.

"Swasembada pangan menjadi perhatian serius pemerintah saat ini, berbagai upaya untuk meningkatkan swasembada pangan telah dilakukan. Oleh karenanya, program ketahanan pangan yang telah digulirkan Presiden RI beberapa waktu lalu harus dilakukan secara optimal," katanya saat melakukan kunjungan kerja di Sampang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (28/8/2016).

Menurut dia, tercapainya swasembada pangan harus ada solusi atau pemecahan permasalahan yang baik antara pemerintah pusat maupun daerah serta instansi terkait baik dengan TNI atau dengan pihak lainnya. Dengan demikian, kata dia, program ketahanan pangan itu harus dilaksanakan serius oleh petani, TNI, Kementan, serta instansi terkait lainnya.

Salah satu upaya untuk menyukseskan hal tersebut, lanjut dia, dibutuhkan pengairan yang baik guna menunjang percepatan tanam.

"Oleh karenanya, irigasi yang masih berfungsi dengan baik harus tetap terjaga dengan baik dan bila rusak, kami berharap agar segera diperbaiki dan dioptimalkan fungsinya," katanya.

Lebih lanjut, Gatot mengatakan kunjungan kerja itu dilakukan untuk mengevaluasi program swasembada pangan melalui ketahanan pangan di wilayah Cilacap. Selain itu, kata dia, untuk mengetahui secara langsung tentang luas tanam dan tentang sarana prasarana pertanian baik kondisi irigasi maupun lainnya termasuk benih bibit padi.

Sementara itu, Komandan Komando Resor Militer 071/Wijayakusuma Kolonel Infanteri Suhardi mengatakan dengan adanya kunjunga kerja Dirjen PSP Kementan di wilayah Korem 071/Wijayakusuma khususnya Kabupaten Cilacap, pihaknya dapat mengetahui informasi dan kebijakan Kementan dalam program swasembada pangan.

"Selain itu, kita juga dapat mengetahui hasil evaluasi dari Kementan tentang jalannya program swasembada pangan yang telah dilakukan sebelumnya. Dari hasil evaluasi tersebut, dapat kita pelajari apa ada kekurangan atau permasalahan lain sehingga kita dapat memperbaiki seoptimal mungkin untuk ke depannya," katanya. (Ant)

Baca Juga: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: