Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK Ingin Makin Banyak Entrepreneur Muda Terjun di Fintech

Warta Ekonomi, Tangerang -

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) optimis industri financial technology (fintech) akan berkembang sangat cepat di Indonesia. Pasalnya, industri ini didukung oleh para pelaku usaha yang mayoritas merupakan entrepreneur muda.

"Yang juga sangat menjanjikan dari perkembangan industri fintech saat ini adalah fakta bahwa banyak pelaku di industri fintech ini adalah para entrepreneur-entrepreneur muda yang memiliki passion yang besar dalam bidang teknologi informasi dan jasa keuangan," ujar Muliaman D Hadad dalam pembukaan International Fintech Festival and Conference (IFFC) di Tangerang, Senin (29/8/2016).

Dia menjelaskan ada lima jenis entrepreneur yang menjadi pelopor di industri FinTech Asia, berdasarkan pernyataan Markus Gnirck pada majalah Forbes. Pertama, adalah para fresh graduate universitas yang memiliki passion besar dalam hal kemudahan layanan jasa keuangan (passionate graduate). Mereka memiliki kecepatan, keuletan, dan sangat customer centric.

Kedua adalah kalangan perbankan yang ingin merasakan tantangan baru dalam hal layanan jasa keuangan (unchallenged banker).

"Mereka rata-rata adalah kalangan banker berusia rata-rata 35 tahun dan dibekali oleh pengetahuan dan pengalaman matang di industri jasa keuangan," sebut Muliaman.

Ketiga adalah para penyedia jasa teknologi (old tech guys) yang sangat tertarik untuk bergabung dalam bisnis fintech yang memang sangat menjanjikan. Mereka memiliki pengalaman luas dalam penyediaan jasa teknologi informasi dan tertarik untuk menerapkannya di industri jasa keuangan.

Keempat adalah para profesional yang berpengalaman di bidang teknologi pendukung layanan jasa keuangan (silent anti-startup professional). Mereka rata-rata telah memiliki perusahaan di bidang teknologi yang mendukung layanan jasa keuangan seperti logistik dan layanan kesehatan.

Kelima adalah entrepreneur muda berpengalaman yang telah dikenal luas industri dan telah mendapatkan berbagai penghargaan dari masyarakat atas prestasinya (serial entrepreneur). Mereka memiliki kombinasi dari empat jenis entrepreneur di atas dan memiliki pemahaman pasar serta pool of talent yang mumpuni.

"Oleh karena itu, saya sangat mendukung upaya untuk terus mendorong dan mendidik generasi muda kita agar menjadi entrepreneur-entrepreneur baru di bidang startup fintech," tandasnya.

Menurutnya, generasi milenia yang merupakan penggerak fintech startup ini merupakan generasi yang sangat terbuka terhadap inovasi dan menyukai tantangan, namun sekaligus memiliki jiwa nasionalisme dalam menjawab tantangan inklusi keuangan nasional.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: