Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Harga Cabai di Medan Bertahan Mahal

Warta Ekonomi, Medan -

Harga komoditas cabai masih bertahan mahal di Kota Medan, seperti di Pasar Padangbulan Medan, harga cabai saat ini berkisar Rp50 ribu-52 ribu per kilogram. Kenaikan harga cabai baik itu untuk cabai rawit dan cabai merah di tingkat konsumen dipicu oleh erupsi Gunung Sinabung. Ini menjadi masalah baru bagi harga komoditas holtikultura di wilayah Sumatera Utara, khususnya bahan pangan dari gunung (kab. Karo).

Berdasarkan pantauan Warta Ekonomi di Pasar Sei Sikambing Medan berbeda dengan komoditas cabai, harga daging ayam mengalami penurunan harga hingga ke level Rp27 ribu per kilogram.

"Penurunan harga daging ayam menunjukkan sedikit lebih baik dibandingkan prediksi kita sebelumnya yang memperkirakan harga ayam akan turun di kisaran Rp28 ribu-30 ribu dari posisi pekan lalu sebesar Rp32 ribu per kilogram," kata Ahyan pedagang daging ayam di Medan, Senin (29/8/2016).

Selain harga daging ayam, harga gula juga terus mengalami pemulihan di kisaran Rp13.000 per kilogram pada saat ini. Penurunan harga gula juga terjadi di mana gula masih berpeluang turun di kisaran harga Rp12.500/kg.

Humas Bulog Divre I Sumut Rudi Adlin Damanik mengatakan, terkait dengan mahalnya harga beras sebelumnya. Saat ini masyarakat sudah bisa membeli beras dari Bulog yang dijual di harga Rp8.600 per Kg. Harga beras Bulog di tingkat konsumen berkisar Rp9.500-10.000 per kilogram. Hanya saja, ada masalah terkait dengan beras intervensi yang digelontorkan Bulog saat ini.

"Beras Bulog yang digelontorkan memiliki kualitan sangat baik. Beras Bulog masuk dalam kategori beras menengah yang justru bisa dimanfaatkan sebagai lahan bisnis oleh sejumlah pedagang. Harga beras Bulog tersebut dibeli di kisaran harga yang lebih baik jika dibandingkan dengan beras dengan kualitas sama," pungkasnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: