Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jokowi Dorong Pembuatan Aplikasi Bantu UMKM

Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden Joko Widodo menyatakan dukungannya untuk mendorong pembuatan aplikasi-aplikasi digital guna membantu kemudahan bagi UMKM di Indonesia dalam menyalurkan produknya.

"Kita harapkan dengan inovasi-inovasi, baik yang berkaitan dengan Fintech atau software-software atau aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan penjualan produk, ini akan mendekatkan produsen dengan konsumen," kata Jokowi usai membuka acara Indonesia Fintech Festival&Conference pada Selasa (30/8/2016) di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) Tangerang, Banten.

Saat tinjauannya di festival tersebut, Jokowi mendapat keterangan mengenai salah satu aplikasi berjuluk "Tani Hub" yang dapat menghubungkan antara petani dengan pasar maupun konsumennya secara langsung.

Dengan memanfaatkan aplikasi tersebut, petani maupun nelayan dan sektor UMKM dapat mempercepat penjualan dan distribusi produk secara efektif.

Percepatan distribusi tersebut dapat meningkatkan daya tawar harga produk kepada konsumen.

"Itulah gunanya aplikasi-aplikasi yang dikembangkan dan software-software keuangan. Saya kira akan sangat membantu usaha-usaha kecil, usaha mikro," jelas Jokowi.

Dengan menggunakan aplikasi tersebut, Jokowi berharap adanya kelompok tani atau pun nelayan sehingga dapat menjadi korporasi yang dikelola secara profesional.

"Kalau ini bisa dilakukan dalam model-model yang bisa diterima oleh petani, model yang bisa diterima oleh nelayan, edukasi pembelajaran yang terus dilakukan, saya meyakini bahwa petani-petani kita dan nelayan kita akan bisa sejahtera," ujar Jokowi.

Selain itu, Kepala Negara juga meminta adanya aplikasi dan software yang dapat meningkatkan literasi masyarakat di bidang jasa dan layanan keuangan dengan menyediakan sistem untuk mengelola keuangan.

Dengan demikian, pelaku UMKM di daerah dapat memanfaatkan software-software yang terintegrasi dengan jasa dan layanan keuangan formal untuk meningkatkan usahanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: