Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bloom This Dan Blue Bear, Startup Malaysia Ekspansi Ke Indonesia

Warta Ekonomi, Jakarta -

Gaung Masyarakat ekonomi Asean sudah sangat terasa bergema. Masing-masing negara di ASEAN tak hanya berfikir bagaimana menjadi nomor satu dalam mengusai pasar, sekaligus juga mampu berkolaborasi dengan negara tetangga untuk saling memberikan nilai tambah yang memperkuat lini bisnis. Era MEA yang makin menantang jiwa berkompetisi ini rupanya menumbuhsuburkan potensi-potensi kewirausahaan di Asia Tenggara. Startup-startup bermunculan dengan inovasi dan keberanian yang kuat untuk berkompetisi. Seperti yang dilakukan oleh startup Malaysia dalam wadah Malaysian Global Innovation & Creativity Centre (MaGIC).

 

Dalam beberapa tahun terakhir ini, pemerintah Malaysia menggalakkan berbagai upaya proaktif untuk membangun infrastruktur yang kuat untuk mendorong pertumbuhan wirausaha (entrepreneur) di negaranya.  menjadi  wadah ekosistem kewirausahaan di Malaysia, MaGIC memilki peran penting dalam menyatukan sumber daya yang melimpah untuk dioptimalkan oleh komunitas kreatif dan startup sehingga dapat memberikan nilai yang tinggi baik di skala regional maupun global.

 

Dalam rangka penguatan kapasitas startup untuk ekspansi, MaGIC berkolaborasi dengan Yacademy, perusahaan pembelajaran digital startup dan investor lokal Kejora, meluncurkan pilot project perdana di Indonesia yaitu Startup Exhange Program Show yang menghadirkan 2 perusahaan start up asal Malaysia yaitu Bloom This dan Blue Bear.

 

Kedua startup ini memlilki layanan dan produk inovatif. Bloom This menawarkan layanan online dalam penyediaan dan pengirman kebutuhan bunga-bunga segar secara berlangganan. Sedangkan Blue Bear memproduksi dan menjual pembalut wanita ramah lingkungan

 

Selama dua pekan, terhitung sejak 29 Agustus hingga 9 September 2016, dua startup yang memang berencana ekspansi bisnis ke Indonesia ini melakukan studi banding  untuk mempelajari karakteristik pasar di Indonesia sekaligus memguatkan hubungan bilateral dengan industri terkait.

 

Difasilitasi Yacademy, mereka mengunjungi sejumlah startup lokal untuk berbagi pengalaman, berjumpa dengan investor, Kadin,  lembaga pendidikan, dan menghadiri forum-forum kewirausahaan yang fokus pada pengembangan bisnis secara digital. Selain Indonesa, MaGIC juga akan mengadakan program serupa ke Thailand. Melalui program ini diharapkan startup Malaysia bisa lebih matang dalam berstrategi dan memnguatkan hubungan diplomasi bisnis untuk memenangkan pasar internasional.

 

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Sufri Yuliardi
Editor: Sufri Yuliardi

Advertisement

Bagikan Artikel: