Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tower Bersama Bangun Smart City di Pangkalpinang

Warta Ekonomi, Jakarta -

 PT Tower Bersama Infrastructure Tbk, melalui anak perusahaannya, PT Tower Bersama, menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang guna mengembangkan Kota Pangkalpinang sebagai kota cerdas (smart city). Teknologi digital yang akan diaplikasikan terdiri atas enam pilar, yakni smart governance, smart people, smart living, smart mobility, smart economy, dan smart environment.

“Pengembangan smart city menjadi komitmen Tower Bersama Group guna mendukung dan mengakselerasi digital ekonomi Indonesia melalui infrastruktur information communication and technology (ICT),” Kata Direktur Tower Bersama Infrastructure Budianto Purwahjo, dalam keterangannya, kemarin.

Lebih lanjut Budianto menjelaskan bahwa konsep kerja sama Tower Bersama dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang untuk penyediaan dan pemanfaatan infrastruktur pendukung smart city, baik berbentuk infrastruktur telekomunikasi fisik maupun sistem aplikasi ICT lainnya.

Sementara itu, sistem aplikasi smart city pelaporan yang akan diimplementasikan di Kota Pangkalpinang dinamakan Lapor Mang, yakni hasil pengembangan yang didasari pengalaman internal Tower Bersama Group dalam lima tahun terakhir dengan melibatkan lebih dari 2.000 pengguna aktif.

Berdasarkan pengalaman tersebut, Tower Bersama Group sangat merasakan manfaatnya dalam hal akurasi pelaporan dan peningkatan produktivitas, serta laporan dapat dilakukan secara real-time dan efisien.

“Tower Bersama Group telah mengoperasikan infrastruktur telekomunikasi di Pangkalpinang selama bertahun-tahun. Kami siap meningkatkan kerja sama dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam hal pemanfaatan infrastruktur pendukung smart city,” ujarnya.

Sementara itu, Walikota Pangkalpinang Muhammad Irwansyah mengatakan, keberadaan smart city akan mampu meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat, mengurangi biaya, dan membantu peningkatan interaksi antarkota dan warganya secara efektif.

“Hal ini sejalan dengan misi Pemerintah Kota Pangkalpinang meningkatkan kemandirian dan daya saing daerah, mewujudkan tata ruang wilayah dan infrastruktur yang berkelanjutan, dengan menyiapkan prasarana dan sarana perkotaan yang baik, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan publik melalui tata kelola penyelenggara pemerintahan yang baik,” Kata Irwansyah.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: