Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menkop: Semangat Kewirausahaan di Indonesia Sangat Tinggi

Oleh: ,

Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop-UKM) AAGN Puspayoga menegaskan semangat ‎dan jiwa kewirausahaan di Indonesia terbilang sangat tinggi. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas pemerintah bila memberikan kemudahan dalam berusaha bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Kita menyiapkan kredit usaha rakyat (KUR) dengan bunga rendah, yaitu 9%. Bahkan, tahun depan akan turun lagi menjadi 7%. Langkah strategis ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia," kata Menkop Puspayoga di Jakarta, Selasa‎ (30/8/2016).

Puspayoga menyatakan bahwa dengan meningkatnya jumlah wirausaha maka jumlah pengangguran dan kemiskinan di Indonesia akan menurun.

"Bila wirausaha kuat akan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan di mana kesenjangan ekonomi akan tergerus. Bila kesenjangan ekonomi menurun, itu akan semakin memperkuat kita dalam bingkai NKRI," tandasnya.

Ia menyarankan agar para wirausaha pemula itu nantinya akan tergabung dalam koperasi. Ia memastikan pihaknya sudah menggulirkan program Reformasi Total Koperasi di seluruh Indonesia. Reformasi koperasi itu, lanjut Menkop, mencakup rehabilitasi koperasi (database koperasi), reorientasi koperasi, dan pengembangan koperasi.

"Karena, untuk menciptakan pemerataan ekonomi itu tidak ada cara lain selain harus memberdayakan dan memperkuat lembaga koperasi. Hanya 140 ribu koperasi yang masuk database kami untuk dikembangkan menjadi koperasi berkualitas. Kita tidak mau lagi fokus pada kuantitas, melainkan fokus pada kualitas koperasi. Banyak koperasi bagus di Indonesia dengan aset dan omzet mencapai triliunan rupiah. Ini yang akan terus kita kembangkanm" pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: