Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dapat Pelayanan Kesehatan Gratis, Warga Haruku Bersyukur

Warta Ekonomi, Ambon -

Warga di Pulau Haruku, Kecamatan Pulau Lease, Kabupaten Maluku Tengah merasa bersyukur dan berterima kasih karena memperoleh pelayanan kesehatan gratis yang dilakukan tim bakti sosial (baksos) kesehatan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon, 22-24 September 2016.

"Kami sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi tinggi dengan kepedulian jajaran Lantamal IX Ambon terhadap masalah kesehatan masyarakat di Pulau Haruku dan menjadikan daerah ini sebagai lokasi baksos kesehatan," kata Sekretaris Camat Pulau Haruku, G. Noya saat pencanangan baksos, di Negeri Pelauw, ibu kota kecamatan tersebut, Sabtu (24/9/2016).

Baksos kesehatan bertema "Peduli Haruku" yang dilakukan sejak, Kamis (22/9) merupakan salah satu rangkaian kegiatan dilakukan Lantamal IX Ambon memperingati HUT ke-71 TNI Angkatan Laut (AL) jatuh pada 10 September setiap tahun, dibuka oleh Komandan Lantamal IX Ambon, Laksamana Pertama (Laksma) TNI, Nur Singgih Prihartono.

Baksos tersebut dilakukan Lantamal melalui kerja sama dengan Yayasan Bangun Sehat Indonesia (YBSI), Dinas Kesehatan Maluku dan Maluku Tengah serta Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Maluku.

"Kegiatan ini merupakan wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat. Karena itu seluruh masyarakat pada 10 Negeri yang ada di Pulau Haruku harus memanfaatkan pelayanan kesehatan gratis ini dengan optimal sehingga dapat hidup layak dan sehat," katanya.

Dia berharap, di masa mendatang, Lantamal IX juga dapat menggelar kegiatan serupa pada desa-desa lainnya di Pulau Haruku, mengingat pelayanan kesehatan yang masih minim dan terkesan tidak merata.

Sekretaris Desa Pelauw, Moh Ally Latuconsina, juga memberikan penghargaan setinggi-tingginya atas perhatian pimpinan TNI yang menjadikan Desa tersebut sebagai pusat bakti sosial kesehatan di Pulau Haruku.

"Seluruh masyarakat di Desa pelauw, bahkan desa-desa lainnya di Pulau Haruku, menyambut gembira kegiatan pelayanan kesehatan gratis ini. Apalagi menghadirkan sejumlah dokter ahli, sehingga gejala penyakit yang ditemui dapat langsung ditangani," ujar Ally.

Dia mengakui, pada April 2016 kegiatan yang sama juga dilakukan oleh Kodam XVI/Pattimura dan juga di pusatkan di Desa Pelauw, guna mendekatkan jajaran TNI dengan masyarakat.

Menurut dia, antusiasme warga Pelauw maupun dari desa-desa lainnya, sangat tinggi sejak baksos kesehatan digelar, terbukti warga yang datang untuk memeriksakan kesehatannya membludak dan melebihi target yang ditentukan.

"Orang tua, generasi muda hingga anak-anak sangat antusias untuk memeriksakan kesehatannya karena semuanya serba gratis dan tidak perlu mengeluarkan biaya apapun," katanya.

Dia berharap, kegiatan tersebut dapat menjadi motivasi sekaligus dorongan bagi warga Pelauw dan di Pulau Haruku pada umumnya untuk memulai pola hidup sehat sehingga terhindar dari penyakit-penyakit yang membahayakan.

Sedikitnya 56 personil Lantamal terdiri dari 15 perwira dan 41 anggota dipimpin Asisten Intelijen (Asintel) Danlantamal IX, Kolonel Marinir Said Latuconsina sebagai Ketua tim satuan tugas (satgas) baksos kesehatan diterjunkan ke Desa Pelauw termasuk membawa 17 kendaraan yang dibutuhkan untuk menunjang kegiatan tersebut.

Pelayanan kesehatan yang ditangani tim medis Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr FX Suhardjo dan Diskes Lantamal IX Ambon serta melibatkan dokter dan para medis Puskesmas Pelauw yakni pelayanan kesehatan umum, bedah, perawatan gigi, mata, kebidanan serta telinga hidung dan tenggorokan (THT) serta pelayanan KB/KIA sekaligus skrening pasien katarak dan bibir sumbing kepada warga dari desa-desa yang ada di Pulau Haruku.

Tim Satgas yang melibatkan BKKBN Provinsi Maluku, dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Maluku dan Malteng, juga melakukan penyuluhan kepada warga dari berbagai desa di antaranya tentang keluarga berencana (KB), masalah hukum dan perikanan serta sosialisasi penerimaan prajurit TNI-AL bagi siswa SMA. Ant.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Leli Nurhidayah

Advertisement

Bagikan Artikel: