Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

OJK: Kita Pastikan Fintech Miliki Perlindungan Konsumen

Warta Ekonomi, Jakarta -

Layanan keuangan berbasis teknologi (financial technology/Fintech) yang terus bertumbuh pesat, semakin membuktikan peranannya dalam meningkatkan efisiensi dalam jasa keuangan. Dengan adanya fintech, keberadaan bank tidak lagi diukur oleh banyaknya jumlah kantor cabang, sehingga dapat beroperasi di mana pun (branchless banking).

Menurut Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dumoly F Pardede menjelaskan bahwa fintech dapat terbagi dua, yakni FinTech Supporting Services dan Fintech Inti.

Fintech Supporting bisa menjadi teknologi bagi distribusi produk, pemasaran, collection (penagihan), management of customers, complaining settlement, dan filling database.

“Kita pastikan mereka ada perlindungan konsumen, ada kantornya, ada manajemennya, tapi modal tidak usah diurus. Jadi semacam website yang menjadi lapaknya,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta Sabtu (24/9/2016).

Akan tetapi, terangnya, ada juga penyelenggaraan usaha inti yang memiliki kemiripan seperti perusahaan asuransi, modal ventura maupun pembiayaan serta peer to peer lending.

Menurutnya ini, bisa dijadikan sebagai FinTech Inti Mikro karena mereka memberikan pinjaman sekitar Rp 500 ribu, Rp 2 juta, lalu Rp 5 juta. Basisnya adalah customer yang bentuk pinjamannya multi guna atau tunai sehingga diperkirakan butuh modal sebesar Rp 2 miliar hingga Rp 2,5 miliar.

Dumoly juga menjelaskan, Tunaiku produk fintech milik Amar Bank, memiliki daya tahan untuk melakukan treasury dan memanage pembayaran  kepada nasabah. Tunaiku juga lebih efisien karena sudah mempunyai standby partner demi menopang bisnisnya, likuiditas, maupun daya tahan untuk melakukan assesment (kompetensi) terhadap nasabah.

“Saya yakin dalam hal ini tidak lagi bicara mengenai perlindungan konsumen, melainkan lebih kepada bagaimana terus berinovasi dalam memenuhi tingkat kepuasan nasabah. Jadi ada yang diharapkan lebih oleh customer dari Tunaiku karena di belakangnya ada Amar Bank sebagai pemilik dari produk tersebut," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Leli Nurhidayah
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: