Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BI: Chip dalam Kartu Debet Lebih Aman

Warta Ekonomi, Semarang -

Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Ronald Waas memastikan penggunaan teknologi chip pada kartu debet akan memberikan kenyamanan dan perlindungan kepada masyarakat karena sistem yang digunakan akan lebih aman.

"Kalau menggunakan chip pasti lebih aman karena waktu diterapkan untuk kartu kredit, 'fraud'nya langsung turun,'" kata Ronald saat mengisi sesi pelatihan wartawan ekonomi di Semarang, Minggu.

Ronald menjelaskan penggunaan teknologi chip merupakan bagian dari kebijakan untuk pemenuhan standar keamanan transaksi nontunai, meski kemungkinan kejahatan perbankan masih bisa mengintai para konsumen.

"Makanya kami segera transformasi ke chip. Pembobolan biasanya terjadi di negara yang tidak pakai chip. Tapi ini bukan berarti saya bilang menggunakan chip, kemudian tidak ada kejahatan," katanya.

Ronald juga memastikan program penggunaan chip pada kartu debet akan berlangsung secara bertahap hingga 31 Desember 2021, untuk mencegah para produsen kartu mengenakan biaya pencetakan yang tinggi kepada perbankan.

"Pengguna kartu debet sekarang 140 juta, kalau itu dialihkan, semua kartu harus ganti dalam dua tahun, berarti dalam setahun dicetak 70 juta dan per bulan enam juta kartu. Yang pesta pora, produsen kartu. Mereka bisa 'charge' bank di harga tinggi," ujarnya.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: