Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Wah 41.468 Warga Gorontalo Ternyata Belum Punya E-KTP

Warta Ekonomi, Gorontalo -

Sebanyak 41.468 warga dari total 274.894 warga Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, yang sudah wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), belum lakukan perekaman di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

"Warga yang sudah melakukan perekaman biometrik sebanyak 233.426 jiwa atau 84,91 persen dan yang belum melakukan perekaman sebanyak 41.468 atau 15,09 persen lagi," ungkap Kepala Disdukcapil kabupaten Gorontalo, Jhon Rahman, Minggu Jhon menjelaskan, target dari Kemendagri yang harus dituntaskan sampai 30 September 2016 yaitu 31.672 jiwa.

"Sedangkan warga Kabupaten Gorontalo yang sudah terlayani oleh Disdukcapil dalam dua bulan terakhir sebanyak 8.965 jiwa," kata Jhon Rahman.

Jhon menjelaskan, kendala saat ini yang sering ditemui adalah, kurangnya kesadaran masyarakat dalam perkemanan e-KTP. Oleh sebab itu pihaknya memerlukan dukungan dari pihak Pemerintah Desa dan Kecamatan untuk mengimbau masyarakat.

"Kami juga memiliki keterbatasan untuk bisa menjaungkau hingga pelosok desa, oleh karena itu, kami berharap adanya dukungan dari semua pihak. Apapun yang kami lakukan jika masyarakat tidak pro aktif, akan sangat sulit bagi kami untuk menjangkaunya," pungkas Jhon.

Jhon mengeaskan, akan terus berupaya agar target dapat tercapai, oleh karena itu ia berharap peran dari semua pihak dan hal tersebut sangat penting seperti masyarakat, Pemerintah Desa dan Kecamatan juga peran dari media.

Sementara itu, Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo mengatakan, identitas penduduk sangatlah penting karena menyangkut perencanaan pembangunan dan intervensi pembangunan.

"Jika kita tidak mengetahui data penduduk, maka perencanaan dan intervensi kepada rakyat juga akan salah, oleh karena itu saya menargetkan seluruh warga Kabupaten Gorontalo yang belum mendapatkan KTP elektronik akan kita tuntaskan pada tahun ini," tutup Bupati Nelson.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: