Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Dia Peluang Bisnis untuk Mahasiswa dengan Potensi Besar

Warta Ekonomi, Yogyakarta -

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Daerah Istimewa Yogyakarta mendorong para pemuda dan mahasiswa untuk mengoptimalkan potensi bisnis online yang ada di Indonesia, sebagai salah satu strategi memulai usaha secara mandiri.

"Jika mahasiswa ingin memulai atau startup bisnis, maka bisa mengoptimalkan potensi bisnis online di Indonesia," ucap Ketua Kompartemen Bidang Ekonomi Kreatif, Kesehatan dan Telekomunikasi Hipmi DIY Ferry Irawan di Yogyakarta, Senin (26/9/2016).

Data Asosiasi E-Commerce Indonesia atau Indonesia E-commerce of Association (idEA) mencatat bahwa potensi transaksi e-commerce atau bisnis online di Indonesia terus mengalami peningkatan signifikan.

Dari US$ 8 miliar atau setara dengan Rp94 triliun pada tahun 2013, meningkat menjadi US$24 miliar, atau setara dengan Rp283 triliun pada 2016.

Dia mengasumsikan jika potensi DIY mampu menarik transaksi e-commerce itu minimal 0,1 persen saja, maka DIY akan menerima aliran transaksi e-commerce sebesar Rp283 miliar.

Angka itu sangat signifikan bagi seorang pengusaha muda yang baru belajar berusaha melalui bisnis online. Bayangkan dampak dana tersebut bagi pembangunan masyarakat DIY, sebab transaksi itu kemungkinan besar terkait dengan sektor ekonomi kreatif, ujarnya.

Ferry menambahkan, potensi transaksi tersebut harus menjadi dorongan semangat bagi para pemuda dan mahasiswa yang ingin menekuni dunia usaha melalui bisnis online.

Hipmi DIY, kata dia, akan memberikan fasilitasi dan pendampingan bagi para pemuda dan mahasiswa yang ingin menekuni bisnis online tersebut.

"Kami akan berikan pembinaan dan pendampingan agar mereka mampu memulai bisnis online secara benar dan efektif. Bahkan, kami juga akan membuka akses kami di lingkungan Hipmi daerah dan pusat, untuk lebih mendorong efektifitas calon pengusaha muda baru berani memulai bisnis online," kata dia. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: