Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BNPB Himbau Masyarakat Kosongkan Radius 2,5 Kilometer Bromo

Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengimbau masyarakat untuk mengosongkan area radius 2,5 kilometer dari kawah Gunung Bromo, Jawa Timur karena aktivitas vulkanik gunung api memiliki tinggi 2393 mpdl itu kian meningkat.

"Konsekuensi dari kenaikan status siaga, maka masyarakat di sekitar Bromo dan pengujung/wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 2,5 kilometer dari kawah aktif Bromo," kata Kepala Pusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho lewat keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Senin (26/9/2016).

Dengan begitu, kata dia, wisatawan tidak boleh mengunjungi obyek wisata puncak kawah Bromo dan Lautan Pasir yang biasanya menjadi beberapa titik idola pengunjung.

Sutopo mengatakan PVMBG menetapkan tingkat aktivitas Gunung Bromo naik dari Level II (waspada) menjadi Level III (siaga) terhitung sejak Senin pukul 06.00 WIB. Penetapan status itu merujuk data pengamatan serta analisa data kegempaan, visual dan potensi bahaya erupsi.

Dengan kenaikan status siaga, Sutopo mengharapkan wisatawan tidak menyurutkan keinginannya untuk berkunjung ke Bromo. Erupsi Bromo dapat dimanfaatkan menjadi daya tarik wisata, khususnya untuk melihat keindahan asap letusan yang keluar dari dalam kawah Bromo.

Meski Bromo dalam status siaga, kata dia, masyarakat di sekitar Bromo agar tetap tenang dan tidak memasuki kawasan dalam radius 2.5 km dari kawah aktif Gunung Bromo.

Masyarakat di sekitar Bromo diharap tidak terpancing isu-isu tentang erupsi Bromo, dan tetap menjaga kewaspadaan terhadap kejadian erupsi yang menerus dan lebih besar.

"Ini adalah peluang daya tarik sendiri dari Gunung Bromo. Tidak perlu ditakuti, asal wisatawan berada pada tempat yang aman yaitu di luar radius 2,5 kilometer. Material vulkanik yang keluar dari kawah Bromo seringkali membentuk berbagai karakter, seperti harimau, wayang, elang, payung hingga munculnya pelangi sesaat setelah dentuman dan kepulan asap keluar dari kawah," paparnya.

Menurut dia, wisatawan tetap dapat menikmati keindahan Gunung Bromo. Wisatawan yang melihat Gunung Bromo, Gunung Batok dan Gunung Semeru dari Pasuruan dapat menuju kawasan Tosari dan Penanjakan. Selanjutnya, pemandangan Bromo dari Probolinggo dapat dilihat dari Ngadasari sementara Bromo dari jalur Lumajang dapat melihatnya dari Argosari B29.

"Justru saat terjadi erupsi maka wisata erupsi dapat dinikmati dari tempat aman," tuturnya.

BNPB sendiri terus melakukan koordinasi dengan PVMBG, BPBD Provinsi Jawa Timur, BPBD Probolinggo, BPBD Malang dan BPBD Pasuruan untuk antisipasi aktivitas Bromo.

Hingga saat ini, kata Sutopo, belum perlu ada pengungsian. Di radius 2,5 km dari kawah Bromo adalah lautan pasir dan tidak ada permukiman.

Selama periode 1-25 September 2016, gempa yang terekam tim pemantau adalah gempa tremor secara terus menerus dengan amplitudo maksimum fluktuatif berkisar 0,5-23 milimeter (dominan 1-3 milimeter), gempa hembusan, gempa vulkanik dangkal (VB) dan gempa vulkanik dalam (VA).

Sejak 24 September, kata dia, terjadi peningkatan signifikan jumlah VB yang mencapai 63 kejadian dan kejadian tremor menerus pada Senin sejak pukul 13.00 WIB.

Selama periode September 2016 terdengar suara gemuruh dari kawah Bromo, diikuti oleh keluarnya asap tebal dari lubang kawah dengan tinggi 50-900 meter dan teramati sinar api samar-samar hingga jelas dari kawah.

Seismik pada Minggu (25/9), kata Sutopo, menunjukkan tremor vulkanik menerus dengan amplitudo dominan empat milimeter. Aktivitas kegempaan yang didominasi oleh VB, getaran tremor dan deformasi yang menunjukkan kecenderungan inflasi.

"Potensi erupsi magmatik menerus masih dapat terjadi, yang dapat disertai sebaran material vulkanik hasil erupsi berupa hujan abu lebat dan lontaran batu (pijar) mulai sekitar kawah hingga radius 2,5 km dari pusat erupsi," ujarnya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: