Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Diseleksi Ketat Partai Pengusung, Pilkada DKI Diikuti Paslon Terbaik

Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Firman Noor mengatakan Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 akan diikuti oleh pasangan calon terbaik karena dipilih melalui berbagai pertimbangan oleh partai-partai pengusung.

"Pasangan-pasangan yang terpilih telah memenuhi beberapa syarat seperti dukungan politik legal formal, jaringan politik akar rumput, restu elit politik, kekuatan finansial serta kelompok kepentingan dan penekan," kata Firman dihubungi dari Jakarta, Senin (26/9/2016).

Firman mengatakan tidak ada pasangan yang tidak melalui atau melewati pertimbangan-pertimbangan tersebut. Karena itu, dia menilai pasangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful, Agus Harimurti-Sylviana Murni dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno adalah yang terbaik bagi Jakarta.

Dilihat dari kelompok-kelompok akar rumput, Firman menilai masing-masing kandidat juga memiliki dukungan yang relatif komplet, meskipun khusus untuk kalangan Muslim, setidaknya secara lembaga, tampaknya akan lebih banyak mendukung pasangan selain Ahok-Djarot.

"Apakah itu krusial? Bisa iya, bisa juga tidak. Namun fanatisme kalangan saat ini jauh lebih kuat daripada sebelumnya. Ini jelas menjadi peringatan yang tidak dapat diabaikan begitu saja," tuturnya.

Khusus terhadap figur Ahok, Firman menilai memiliki kelebihan pendukung yang fanatik, sedangkan dari sisi prestasi masih relatif. Namun, kekurangan Ahok adalah daya ajak pimpinan terhadap rakyat dan anak buah yang relatif minim sehingga menimbulkan antipati.

"Antipati ini yang sayangnya semakin bertambah, bukan berkurang," ujarnya.

Karena itu, sebagai calon yang saat ini masih menjabat, Ahok-Djarot harus bekerja keras. Apalagi, Pemilihan Gubernur DKI Jakarta termasuk sulit untuk diperkirakan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: