Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BNPB Minta Tanggap Darurat Di Garut Diperpanjang

Oleh: ,

Warta Ekonomi, Garut -

 Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta Bupati Garut memperpanjang masa tanggap darurat.

Willem Rampangilei, Kepala BNPB menuturkan Garut masih membutuhkan perpanjangan waktu untuk masa tanggap darurat hingga 14 hari ke depan. Dia mengatakan masih banyak masalah yang belum dapat dituntaskan sehingga memerlukan status tanggap darurat. 

Permasalahan itu meliputi  pencarian 19 korban jiwa hilang. 6.361 jiwa masih mengungsi di 12 titik pengungsian. Begitu juga kerusakan bangunan meliputi 605 rumah rusak berat, 200 rumah rusak sedang, 961 rumah rusak ringan, 255 rumah terendam dan 283 rumah hanyut. Selain itu juga terdapat kerusakan sekolah, rumah ibadah, rumah sakit dan bangunan umum lainnya. 

"Tidak mungkin mengatasi semua itu tanpa status tanggap darurat," kata Willem melalui pesan Whatshapp, Senin (26/9). 

Meski begitu Willem mengatakan pihaknya menyerahkan keputusan sepenuhnya kepada Bupati Garut sebagai penguasa wilayah. Dia mengatakan tanpa perpanjangan masa tanggap darurat akan berakhir besok, Selasa (27/9/2016). 

Lebih lanjut Willem menjelaskan, hari ini Tim SAR berhasil menemukan satu korban hilang lagi. BNPB mencatat hari ke enam bencana Garut memakan korban 34 orang. Rencananya besok, pencarian 19 korban yang masih hilang akan difokuskan di wilayah Waduk Jati Gede Kabupaten Sumedang. 

Wilayah pencarian korban hilang diperluas hingga 40 kilometer dari Garut ke bagia hilir. Pencarian akan menggunakan perahu karet, namun akan terkendala oleh banyaknya sampah dan kayu yang masih berserakan. Selain fokus pada pencarian korban, Tim SAR juga sudah memfokuskan upaya pembersihan khususnya di daerah Cimacan

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: