Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendes Minta Pemerintah Desa Segera Bentuk Bumdes

Warta Ekonomi, Madiun -

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo meminta pemerintah desa di seluruh Indonesia untuk segera membentuk Badan Usaha Milik Desa guna mewujudkan desa yang mandiri.

"Saya mendorong pemerintah desa untuk segera membentuk BUMDes guna menjadikan desa lebih mandiri," ujar Eko Putro Sandjojo di Kabupaten Madiun, Senin.

Dalam kunjungan kerjanya untuk memantau penggunaan dana desa, Eko mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur desa memang sangat diperlukan. Namun, anggaran ratusan juta rupiah yang diterima desa sebaiknya tidak hanya untuk pembangunan fisik.

"Dana desa juga dapat untuk pemberdayaan masayarakat desanya. Jadi, tidak hanya infrastruktur saja," katanya di Pendopo Muda Graha Kabupaten Madiun.

Ia menjelaskan bahwa dana desa yang sudah tersalur rata-rata Rp600 juta s.d. Rp800 juta untuk masing-masing desa. Jumlah itu masih ditambah dana dari daerah sehingga setiap desa bisa menerima lebih dari Rp1 miliar.

Oleh karena itu, dana desa juga dapat untuk pemberdayaan masyarakatnya, salah satunya dengan membentuk BUMDes. Untuk membentuk BUMDes diperlukan komitmen dari pemerintah desa dan pendamping manajemennya.

"Diminta pemerintah daerah memberikan pendampingan terhadap pemerintah desa agar BUMDes dapat segera terbentuk," katanya.

Khusus di Kabupaten Madiun, sesuai dengan data, BUMDes yang hendak dibentuk pada tahun 2017 yang bersumber dari dana desa mencapai 72 unit.

Sesuai dengan aturan, penyerapan dana desa bisa untuk pembangunan infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan pemberdayaan ekonomi desa.

Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Madiun, yakni mengunjungi Desa Metesih, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun guna meninjau infrasruktur dan UMKM di desa setempat.

Selain itu, Mendes didampingi Bupati Madiun, jajarannya, dan Forpimda Kabupaten Madiun juga melakukan pertemuan dengan kepala desa dan pengelola BUMDes se-Kabupaten Madiun di Pendopo Muda Graha.(Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: