Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pasokan Kurang, Harga Bawang Di Palu Naik

Warta Ekonomi, Palu -

Para pedagang di Palu mengaku pasokan berkurang mengakibatkan harga bawang merah dan bawang putih di pasaran setempat mengalami kenaikan tajam.

"Beberapa hari ini harga terus bergerak naik," kata Ny Junisti, salah seorang pedagang bawang di Pasar Manonda Palu,Selasa.

Ia mengatakan harga bawang merah naik cukup tajam dibandingkan sebelumnya dari Rp35 ribu,kini menjadi Rp50 ribu/kg.

Sama halnya bawang putih naik dari Rp30 ribu, kini menjadi Rp40 ribu/kg. Kenaikan harga dikarenakan pasokan kurang,sementara permintaan masyarakat meningkat.

Peningkatan permintaan masyarakat terhadap kedua komoditi itu sangat erat kaitannya dengan kegiatan festival pesona Palu Namoni yang merupakan iven pariwisata di gelar Pemkot Palu 24-27 September 2016.

Kasi Sarana Usaha Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulteng Rudi Zulkarnain mengatakan harga bawang mengalami kenaikan karena di picu permintaam meningkat, sementara stok terus menipis. Menipisnya stok karena suplai dari produsen berkurang.

Suban salah seorang petani bawang merah di Kabupaten Sigi mengaku hasil panen kali ini menurun karena pengaruh curah hujan tinggi.Banyak bawang yang rusak dan memsuk karena dampak dari tingginya curah hujan. (Ant)

Baca Juga: Kader Gerindra Gantikan AWK Sebagai Anggota DPD RI, De Gadjah: Efektif Kawal Kebijakan dan Pembangunan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Boyke P. Siregar

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: