Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Peluang Ketiga Pasangan Peserta Pilkada DKI Dinilai Masih Imbang

Warta Ekonomi, Jakarta -

Pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Firman Noor mengatakan peluang Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Agus Harimurti Yudhoyono, maupun Anies Baswedan untuk terpilih sebagai Gubernur DKI Jakarta masih imbang.

"Masih terlalu dini juga untuk memperkirakan apakah Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 akan berapa putaran. DKI termasuk yang sulit diperkirakan," kata Firman dihubungi dari Jakarta, Selasa (27/9/2016).

Firman menilai Ahok memiliki kelebihan pendukung yang fanatik, sedangkan dari sisi prestasi masih relatif. Namun, kekurangan Ahok adalah daya ajak pimpinan terhadap rakyat dan anak buah yang relatif minim sehingga menimbulkan antipati.

Agus mewarisi modal besar ayahnya, Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, Agus memiliki kelemahan akan banyak bergantung pada ayahnya, seperti Bush Junior yang amat mengandalkan penasihat ayahnya. Bila tidak diatur dengan baik, modal bisa berubah menjadi skandal.

"Anies adalah seorang inteligensia yang memiliki kemampuan retorika untuk mengajak. Kelemahannya adalah kegigihannya untuk bergerak. Setidaknya itu yang tercermin dari kinerjanya saat menjadi menteri," tuturnya.

Menurut Firman, pasangan calon yang sudah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta adalah yang terbaik karena dipilih melalui berbagai pertimbangan oleh partai-partai pengusung.

"Pasangan-pasangan yang terpilih telah memenuhi beberapa syarat, seperti dukungan politik legal formal, jaringan politik akar rumput, restu elite politik, kekuatan finansilan, serta kelompok kepentingan dan penekan," katanya.

Firman mengatakan bahwa tidak ada pasangan yang tidak melalui atau melewati pertimbangan-pertimbangan tersebut.

Oleh karena itu, dia menilai pasangan Ahok-Djarot, Agus Harimurti-Sylviana Murni, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno adalah yang terbaik bagi Jakarta.

Dilihat dari kelompok-kelompok akar rumput, Firman menilai masing-masing kandidat juga memiliki dukungan yang relatif komplet. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: