Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Asperindo Imbau Pengusaha Ekspedisi Perkuat Sistem Teknologi

Warta Ekonomi, Semarang -

Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (Asperindo) Jawa Tengah mengimbau para pengusaha ekspedisi memperkuat sistem teknologi agar pelayanan lebih optimal.

"Saat ini volume pengiriman barang, khususnya domestik, terus menguat. Kondisi ini harus diperkuat dengan sistem pelayanan berbasis teknologi dan kualitas sumber daya manusia," kata Ketua Asperindo Jateng Tony Winarno di Semarang, Selasa (27/9/2016).

Khusus pengiriman domestik saat ini, kata dia, mengalami peningkatan hingga 40 persen dari nilai periode sama tahun yang lalu.

Sebagai gambaran, ada satu perusahaan ekspedisi relatif cukup besar yang dalam 1 hari bisa melayani pengiriman hingga 150.000 pengiriman barang.

Peningkatan didominasi oleh pengiriman barang melalui transaksi "e-commerce" atau penjualan dengan sistem dalam jaringan (daring).

"Prediksi saya peningkatan ini akan terus terjadi mengingat di akhir tahun biasanya akan dilakukan diskon besar-besaran oleh perusahaan-perusahaan 'e-commerce'," katanya.

Di sisi lain, volume ekspor dan impor barang juga mengalami peningkatan. Meski tidak menyebutkan angka secara pasti, Tony mengatakan bahwa peningkatan tersebut merupakan dampak dari makin banyaknya industri dari luar kota yang masuk ke Jawa Tengah.

"Apalagi, ini sudah menuju akhir tahun, biasanya perusahaan menggenjot produksi untuk selanjutnya dikirimkan di awal tahun. Jadi, memang sejauh ini pengiriman impor mendominasi," katanya.

Impor barang sendiri kebanyakan terdiri atas bahan baku industri.

Tony Winarno mengatakan bahwa pengiriman ini makin banyak karena makin banyak pula industri yang melakukan relokasi ke Jawa Tengah.

Ia mengatakan bahwa industri itu pindah ke daerah-daerah, seperti Sukoharjo, Kendal, dan Boyolali. Hal ini berdampak pada peningkatan volume impor bahan baku.

"Oleh karena itu, kami terus mengimbau anggota Asperindo agar memperkuat pelayanan, khususnya dari sisi sistem. Prediksi kami pengiriman ini akan terus mengalami peningkatan volume," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: